Rektor UNAIR Susun Konsep ‘Jalan Pendidikan Menuju Indonesia Maju 2034’, Khofifah: IKA Unair Mendukung Penuh Upaya Percepatan Indonesia Emas Sebelum Tahun 2045

waktu baca 3 menit

SEMARANG– Ketua Umum IKA Unair Khofifah Indar Parawansa hadir khusus dalam Halal bi Halal dan Reuni Ikatan Keluarga Alumni Universitas Airlangga (IKA Unair) Jawa Tengah yang diselenggarakan di Hotel Grasia, Semarang, Rabu (1/5/2024).

Pasalnya ada dua agenda penting yang dilakukan dalam forum ini. Yang pertama adalah Penyerahan SK Pengurus Cabang IKA Unair Solo. Serta yang kedua yang tak kalah penting adalah Penyerahan Buku Pokok Pikiran Unair Jalan Menuju Pendidikan Indonesia Maju 2034.

“Jadi buku ini adalah hasil jawaban dari tugas Pak Presiden Jokowi. Saat beliau datang ke Surabaya untuk menghadiri Temu Tahunan ke 25 Forum Rektor Indonesia di Unesa, beliau menyampaikan pentingnya merumuskan konsep percepatan capaian target Indonesia Emas ,” terang Khofifah.

“Beliau memberikan tugas bagaimana akademisi, sivitas akademika termasuk alumninya turut membuat konsep bagaimana Indonesia Emas bisa dicapai lebih cepat dari tahun 2045 . Khusus untuk bidang pendidikan , Prof. Mohammad Nasih Rektor Unair yang saat ini juga sebagai ketua Wantim FRI 2024/2025 telah selesei merumuskan konsep di bidang pendidikan yaitu Jalan Pendidikan Menuju Indonesia Maju 2034 ,” imbuhnya.

Sehingga setelah disusun oleh tim yang sudah sangat kredibel, lahirlah Buku Pokok Pikiran Unair ‘Jalan Pendidikan Menuju Indonesia Maju 2034’ yang diserahkan ke PW IKA Unair Jateng dalam kesempatan ini.

Lebih lanjut Gubernur Jatim periode 2019-2024 ini menegaskan bahwa buku ini akan dilakukan bedah konsep dengan mengundang significant person yang memiliki kualifikasi di bidangnya untuk mengupas lebih dalam terkait buku ini sehingga tercipta konsep yang benar-benar matang.

“Bedah konsep Pokok Pikiran Rektor Unair Jalan Pendidikan Menuju Indonesia Maju 2034 di bidang pendidikan ini rencananya akan dilakukan di Jakarta, pada tanggal 14 Mei 2024 mendatang,” terangnya.

Dipilih Jakarta karena Unair ingin agar nasional ikut mendiskusikan dan semakin menggaungkan konsep pengembangan sektor pendidikan yang telah diinisiasi oleh Rektor Unair lebih cepat dari 2045.

Akan tetapi, wanita yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU ini juga menjelaskan bahwa bedah konsep dalam buku ini tidak akan berhenti hanya di Jakarta saja. Melainkan, minimal lima kota besar di Indonesia juga akan dilakukan bedah konsep yang serupa. Dengan mengundang tokoh-tokoh terkait. Dengan harapan konsep yang dihasilkan menjadi lebih matang dan komprehensif.

Di sisi lain, diserahkannya Buku Pokok Pikiran Unair Jalan Menuju Pendidikan Indonesia Maju 2034 pada PW IKA Unair Jawa Tengah kali ini, juga memiliki tujuan khusus. Dimana PW IKA Unair Jateng diminta untuk menyiapkan konsep untuk bidang UMKM.

“Jadi kalau buku ini adalah Buku Pokok Pikiran Unair Jalan Pendidikan Menuju Indonesia Maju 2034 sebagai percepatan Indonesia emas 2045, maka IKA Unair Jateng bisa turut kontribusi menyusun konsep percepatan kemajuan digital on line bidang UMKM,” tegasnya.

Karena untuk mencapai percepatan Indonesia Maju 2034 itu tidak hanya bisa dicapai dengan percepatan di bidang pendidikan saja. Tapi juga percepatan bidang lain salah satunya yang sangat urgent adalah kemajuan di sektor digital on line UMKM.

Apalagi sesuai prediksi Jack Ma di tahun 2030 ekonomi dunia akan dikuasai 80 persen oleh UKM. Yang mana 90 persennya menggerakkan usaha kecilnya dengan e-commerce. Dan sebanyak 80 persen dari UMKM tersebut sudah terkoneksi secara digital. Maka hal-hal menuju prediksi itu dikatakan Khofifah harus dipersiapkan secara matang.l bersama sama.

“Kami mohon IKA Unair Jateng bisa menyumbangkan pikiran strategisnya untuk bagaimana langkah-langkah mempercepat kemajuan sektor UMKM kita. Terutama percepatan koneksitas secara online, digitalisasi, standarisasi mutu, dan juga terkait settifikasi halal yang tak kalah penting,” tandas Khofifah.

Pihaknya pun optimis bahwa Buku Pokok Pikiran Unair Jalan Pendidikan Menuju Indonesia Maju 2034 menjadi bukti nyata peran strategis perguruan tinggi beserta seluruh sivitasnya untuk mempercepat Indonesia Maju sebelum tahun 2045.

Turut hadir dalam forum ini Prof Bambang Sektiari selaku Wakil Rektor 3 Unair, Indra Nur Fauzi.MM selaku Sekjen IKA UNAIR, Lasamana Pertama (Pur) Dr.drg. Nora lelyana selaku Ketua Bidang Kelembagaan dan kemitraan, Dr Muhammad Taufiqi Setiabudi selaku Ketua PW IKA Unair Jawa Tengah, Dr Mutmainnah selaku Penasehat PW IKA Unair Jateng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *