Pelatih-Pelatih Tim Euro 2024 Ingin Aturan 26 Pemain Lagi, Ini Alasannya

waktu baca 2 menit
Trofi Euro 2024. (Foto: UEFA)

LONDON-KEMPALAN: Konfederasi Sepak Bola Eropa (UEFA) sepanjang sejarah di Euro hanya sekali mengubah regulasinya terkait dengan jumlah pemain yang boleh dibawa di masing-masing negara dalam ajang Euro.

Yaitu saat edisi Euro 2020, tiga tahun lalu. Semula, satu kontestan hanya diperbolehkan membawa 23 pemain. Akan tetapi saat itu UEFA mengubah regulasi yang membolehkan negara kontestan Euro 2020 membawa 26 pemain dalam skuadnya.

Bukan hanya dibelakukan di Euro 2020. Keputusan UEFA tersebut juga berlanjut dalam ajang yang diselenggarakan FIFA. Dalam Piala Dunia 2022, semua kontestan juga boleh membawa 26 pemain.

BACA JUGA: Ternyata, Ada Peran Southgate di Balik Kekalahan City

Alasannya, turnamen Euro 2020 saat itu digelar pasca Covid-19. Sehingga, kondisi fisik para pemain tidak sebagus seperti sebelum Covid-19 merajalela.Tahun ini, UEFA pun mengembalikan regulasi itu dikembalikan jadi 23 pemain lagi.

Akan tetapi, tactician timnas Inggris Gareth Southgate mendesak regulasi di Euro 2024 ini dikembalikan seperti sebelumnya. Yaitu diperbolehkan menggunakan 26 nama dalam satu tim.

Dilansir dari laman Daily Mail, Southgate juga meminta dukungan sesama pelatih dari timnas negara kontestan Euro 2024. Kekhawatiran badai cedera di Euro 2024 nanti jadi salah satu pertimbangannya.

Southgate berkaca dengan kondisi skuadnya setelah uji coba melawan Brasil dan Belgia sepekan kemarin (24 dan 27 Maret). ’’Susah kalau tetap menggunakan 23 pemain,’’ ucap Southgate.

BACA JUGA: Grup Mudah untuk Jerman dan Tiga Singa di Euro 2024

’’Kami harus membuat keputusan terbaik berdasarkan apa yang kita ketahui, dan beberapa di antaranya saat ini tergantung dengan keputusan medis. Sebelumnya aturan itu (26 pemain dalam satu skuad) sudah tepat,’’ lanjut Southgate.

Meskipun UEFA sudah ketok palu dengan keputusan regulasi 23 pemain tersebut sejak Februari lalu, Southgate tetap konfiden aturan 23 pemain itu masih bisa diubah. Di tiga bulan terakhir sebelum Euro, masih ada pembahasan lagi terkait regulasi itu.

’’Masih ada satu pertemuan UEFA lagi dalam dua pekan ke depan. Di situlah akan ada pembicaraan dari pelatih-pelatih negara kontestan Euro tentang potensi menambah jumlah pemain,’’ klaim Southgate.       

Tacticus timnas Belanda Ronald Koeman salah satu pelatih tim kontestan di Euro 2024 yang sudah ikut menyuarakan desakan tersebut. Koeman mengklaim penambahan jumlah skuad itu demi ketahanan pemain.

BACA JUGA: Bawa Polandia Lolos ke Euro 2024, Begini Kata Lewandowski

’Jika banyak negara yang menyuarakan usulan ini secara bersama-sama, rasanya mereka (UEFA) mau tidak mau pasti akan mendengarkan usulan tersebut,’’ kata mantan pelatih FC Barcelona tersebut, dilansir dari laman Voetbalnieuws. (YMP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *