Bawa Polandia Lolos ke Euro 2024, Begini Kata Lewandowski

waktu baca 2 menit
Selebrasi pemain-pemain Polandia setelah lolos ke Euro 2024. (Foto: Evening Standard)

CARDIFF-KEMPALAN: Robert Lewandowski berpeluang menyudahi petualangannya di ajang Euro pada edisi tahun ini. Kepastian tersebut didapatkan Lewandowski usai dapat memimpin timnas Polandia melangkah ke Euro 2024.

Selasa dini hari (27/3), Polandia mengalahkan tuan rumah Wales dalam final playoff via adu penalti 5-4 setelah kedua tim bermain seri tanpa gol sampai di babak perpanjangan waktu.

Lewy (sapaan akrab Lewandowski) yang mencetak gol penalti pertama Polandia. Selain Lewy, kelima algojo penalti Polandia lainnya mampu menjalankan tugasnya. Sedangkan Daniel James jadi satu-satunya pemain Wales yang gagal menjalankan tugasnya menjadi algojo penalti.

BACA JUGA: Ambisi Besar Wales Kalahkan Polandia dan Lolos ke Euro 2024

Euro 2024 ini menjadi Euro keempat yang dilalui Lewy dan pemain-pemain seangkatan dengannya. Bedanya, ini kali pertama mereka harus mencapainya setelah melalui babak playoff.

Dilansir dari TVP Sport, Lewy menyebut ini sudah jadi sinyal bahwa mereka sudah lebih kuat secara mentalitasnya saat datang ke Jerman musim panas mendatang. ’’Kami sudah merasa percaya diri sekarang,’’ koar Lewy.

Dalam playoff kali ini, Polandia hanya kemasukan sebiji gol saat melawan Estonia. Lewy dkk mencetak lima gol di laga normal dan empat gol dalam adu penalti. ’’Kami akan bisa lebih baik lagi di Euro,’’ harap bomber FC Barcelona itu.

Apalagi, dalam Euro 2024 nanti, Polandia bakal ditempatkan dalam grup maut bersama dua kekuatan besar sepak bola Eropa, Prancis dan Belanda. Selain kedua negara itu, tim berjuluk Orlovi tersebut sudah ditunggu Austria.

Beda dengan ketiga kontestan lainnya yang sudah memastikan tempat di Euro, Polandia baru mencapainya ketika Euro 2024 hanya kurang dari tiga bulan lagi. Lewy menyebut persiapannya lebih mepet ketimbang ketiga calon lawannya di fase grup nanti.

’’Kami menyadari bahwa kami hanya bisa bergerak maju. Periode yang cukup singkat di masa jelang Euro ini memungkinkan kami mempersiapkan turnamen dengan lebih baik lagi,’’ lanjut pemain pencetak gol terbanyak timnas Polandia sepanjang masa itu. (YMP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *