Dibuka, Pendaftaran Calon Anggota KPU Periode 2024-2029 untuk 36 Kabupaten/Kota di Jatim

waktu baca 2 menit
Sasongko Budhisusetyo saat memberikan keterangan pers.

SURABAYA-KEMPALAN: Tim Seleksi KPU Provinsi Jawa Timur secara resmi mulai membuka pendaftaran calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Periode 2024-2029 untuk 36 Kabupaten/Kota hari ini, Jumat (8/3). Hal ini sesuai pengumuman KPU RI No 28/SDM.12-Pu/04/2024 tentang TIm Seleksi Calon Anggota KPU Kabupaten Kota pada 37 Kabupaten/Kota di 2 Provinsi Periode 2024-2029.

Di pengumuman surat KPU RI, ada dua provinsi yang melakukan rekrutmen calon anggota KPU Kabupaten/Kota,  yakni Provinsi Gorontalo untuk seleksi calon anggota KPU Kota Gorontalo dan Provinsi Jawa Timur yang melakukan seleksi untuk 36 Kabupaten/Kota secara serentak. Pasalnya, periode yang lama bakal habis masa jabatannya pada Juni 2024.

Kemudian, KPU RI membagi timsel KPU Kabupaten/Kota berdasarkan wilayah. Timsel untuk Jatim 1 melakukan rekrutmen untuk KPU Kabupaten Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep. Kemudian Jatim 2 untuk KPU Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Lumajang, dan Situbondo. Jatim 3 untuk KPU Bojonegoro, Gresik, Lamongan, Sidoarjo, Tuban, dan Kota Surabaya.

Kemudian Jatim 4 untuk KPU Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kota Baru, Kota Malang, Kota Pasuruan dan Kota Probolinggo. Jatim 5 untuk KPU Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Mojokerto, Nganjuk, Kota Blitar, Kota Kediri dan Kota Mojokerto. Jatim 6 mencakup KPU Jombang, Kabupaten Madiun, Magetan, Ngawi, Pacitan dan Trenggalek, Ponorogo, dan Kota Madiun.

Timsel untuk Jatim 3 diketuai oleh Sasongko Budhisusetyo bersama M Zamroni (sekretaris), Arief Supriyono, Idris dan Muh Farid Ilhamuddin. Timsel Jatim 3 mulai Jumat (8/3) sudah membuka posko pendaftaran di Hotel Novotel Samator Surabaya sampai 19 Maret 2024.

Sasongko Budhi mengatakan, pendaftaran mulai hari ini selama 12 hari. Kemudian secara simultan timsel melakukan penelitian administrasi berkas calon sampai 26 Maret. Sehingga paling lambat tanggal 30 hasil verifikasi persyaratan administrasi akan kita umumkan. “Bagi yang lolos administrasi dilanjut seleksi tertulis serta psikologi menggunakan CAT (Computer assisted test),” jelas Sasongko, Jumat (8/3).

Tes CAT diselenggarakan oleh KPU RI. Sedangkan tes psikologi dari TNI Angkatan Darat. “Timsel hanya bertugas memonitor dalam CAT dan Psikologis yang hasilnya akan diumumkan 6-7 April masing-masing Kab/kota diloloskan 20 orang untuk kemudian dilakukan tes wawancara oleh Timsel,” katanya.

Budhi menambahkan, 20 orang akan dikirim ke KPU RI untuk kemudian sampai ditetapkan sebagai komisioner terpilih yang masing-masing berjumlah 5 orang untuk setiap kabupaten/kota.

Timsel berjanji akan melaksanakan rekruitmen ini dengan transparan dan seleksi ketat. Bebas dari calon titipan dan kepentingan tertentu sesuai persyaratan yang sudah diatur.

“Kami timsel akan mencari calon komisioner berlandaskan intergrasi, independensi dan kompetensi,” tegasnya. (Dwi Arifin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *