JIS Tergenang Air, PSSI Beri Pembelaan Begini

waktu baca 2 menit
Sejumlah staf Jakarta International Stadium berusaha mengeluarkan air dari lapangan (*)

JAKARTA-KEMPALAN: Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga memberikan pembelaan terkait viralnya lapangan Jakarta International Stadium yang tergenang air pada laga Piala Dunia U-17 2023.

Lapangan Jakarta International Stadium (JIS) sempat tergenang air saat akan menggelar babak perempat final Piala Dunia U-17 2023 antara Brazil melawan Argentina. Banjir tersebut terjadi akibat hujan deras yang yang mengguyur Jakarta Utara pada Jumat (24/11).

Laga itu pun akhirnya harus ditunda selama 30 menit karena menunggu petugas mengeruk penampungan di luar lapangan.

Banjirnya lapangan Jakarta International Stadium (JIS) ini kemudian viral di media sosial. Banyak warganet yang mempertanyakan kualitas rumput di Stadion JIS. 

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga memberikan pembelaan terkait permasalahan ini. Dia menjelaskan banjir disebabkan karena rumput lapangan JIS baru diganti selama sebulan.

“Sabar, sabar. Jangan emosi. Lapangan tergenang di rumput atau drainase?” kata Arya Sinulingga di akun Instagram pribadinya, @arya.m.sinulingga, Sabtu (25/11).

“Tapi oke lah, rumput baru diganti sebulan, sudah bisa dipakai belasan kali selama dua minggu. Jadi bisa dikatakan setiap hari ada pertandingan,” tambahnya.

Lalu soal pertanyaan warganet terkait kenapa tidak menggunakan rumput yang lama saja. Arya menjawab bahwa JIS tidak akan bisa dipakai untuk Piala Dunia U-17 2023 jika masih memakai rumput lama.

“Ada yang bilang kenapa tidak memakai rumput lama. Kalau dipakai rumput yang lama bisa tidak jadi Piala Dunia U-17 2023 di JIS,” ucapnya.

Arya Sinulingga juga menyebut bahwa JIS sebenarnya belum pernah digunakan untuk pertandingan resmi sejak dibuka pada Juli 2022. Bahwa tik asal ibu kotaxPersija Jakarta lebih memilih berkandang di stadion lain. 

“Sejak ada, JIS tidak pernah dipakai sebagai lapangan sepak bola dalam agenda FIFA. Bahkan Persija sekalipun tidak memakainya dalam pertandingan PT LIB,” kata Arya.

“Mudah-mudahan ke depan dengan proses yang dilakukan terhadap JIS bisa dipakai dalam partai resmi. Masa dipakai untuk yang lain terus. Yuk semangat,” imbuhnya.

(*) Edwin Fatahuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *