Ciri Kucing Hamil dari Segi Fisik dan Perilakunya

waktu baca 3 menit

Sejak berusia empat bulan, kucing sudah bisa menghasilkan keturunan. Namun, tahukah Anda bagaimana ciri ciri kucing hamil?

Jika manusia membutuhkan sembilan bulan untuk mengandung, kucing hanya membutuhkan 58–63 hari atau sekitar sembilan minggu untuk melakukannya. Sama seperti manusia, kucing hamil juga memerlukan perawatan khusus.

Oleh karena itu, penting untuk menyadari apakah kucing Anda sedang hamil. Tanda kucing hamil umumnya baru terlihat saat usia kandungan sudah memasuki minggu ketiga.

Pada waktu inilah, perubahan hormon sudah terjadi cukup pesat sehingga menimbulkan perubahan fisik dan perilaku pada kucing. Berikut adalah beberapa ciri utama dari kucing yang sedang hamil.

1. Puting membesar

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, puting kucing Anda akan semakin membesar. Ukurannya bisa menjadi 2–3 kali lipat sejak awal kehamilan. Selain dari ukuran, warna puting akan berubah menjadi merah muda dan semakin menggelap menjelang akhir kehamilan.

2. Nafsu birahi menurun

Siklus estrus atau masa birahi kucing umumnya terjadi setiap 10–14 hari. Ini biasanya ditandai dengan kucing yang lebih berisik dan suka berguling-guling. Namun, jika kucing Anda tidak menunjukkan tanda birahi pada waktunya, ini bisa menjadi tanda bahwa mereka sedang hamil.

3. Morning sickness

Sama seperti manusia, kucing juga bisa mengalami morning sickness pada awal kehamilan. Kondisi ini ditandai dengan kucing muntah yang kemudian berakibat pada penurunan nafsu makan.

Meski merupakan hal yang normal, segera bawa kucing Anda ke dokter hewan jika mereka tidak mau makan selama lebih dari dua hari.

4. Perubahan napsu makan

Pada awal kehamilan, Anda mungkin melihat anabul kehilangan nafsu makan karena morning sickness. Namun, kondisi itu akan berbanding berbalik saat memasuki minggu keempat kehamilan. Kucing Anda bahkan bisa makan dua kali lebih banyak dari porsi biasanya.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan, pastikan untuk memberinya makanan yang berkualitas. Beberapa merek makanan kucing bahkan sudah diformulasikan khusus untuk kucing hamil.

5. Perut membesar

Melansir dari laman Feline Veterinary Emergency Assistance, perut yang membesar pada kucing hamil mungkin baru terlihat pada minggu keempat. Perubahan ukuran perut kucing bisa berbeda-beda, sesuai dengan jumlah janin yang dikandungnya.

Ukuran perut kucing yang membesar akan diikuti dengan peningkatan berat badan. Anabul kesayangan Anda bisa mengalami kenaikan berat badan hingga 2 kg saat hamil.

Dokter hewan bisa mengetahui jumlah bayi yang dikandung hanya dengan merabanya. Meski kelihatannya mudah, sebaiknya jangan mencoba untuk melakukannya sendiri.

6. Tidur lebih lama

Ukuran perut yang membesar sering kali membuat kucing menjadi lebih cepat lelah. Alhasil, mereka membutuhkan lebih banyak waktu tidur untuk mengisi kembali kekuatannya. Selain waktu tidur kucing yang lebih panjang, hamil juga kerap membuat anabul Anda sering mendengkur.

7. Rambut rontok

Laman Cats Protection menyebutkan bahwa saat usia kandungan memasuki delapan minggu, rambut kucing Anda mungkin lebih sering rontok, khususnya pada bagian puting.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena kerontokan ini hanya bersifat sementara. Bulu kucing Anda akan tumbuh dengan sendirinya setelah melahirkan.

8. Perubahan perilaku

Selain perubahan fisik, ciri-ciri kucing hamil juga bisa dilihat dari perilakunya. Mereka biasanya menjadi lebih manja karena menginginkan perhatian dari pemiliknya. Maka, pastikan untuk memberi perhatian lebih pada kucing yang sedang hamil.

Anda bisa mengelus kepala atau punggungnya serta memberikan ia tempat yang nyaman untuk beristirahat. Pada akhir masa kehamilan, induk kucing secara naluriah akan mencari tempat aman untuk mempersiapkan kelahirannya. Pada saat seperti ini, pastikan bahwa kucing Anda tidak terlalu sering ke luar rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *