KORMI Jatim Targetkan Juara Umum di FORNAS VII 2023 Jabar

waktu baca 2 menit
Gubernur Khofifah Indar Parawansa bersama Ketua KORMI Jatim Hudiyono.

SURABAYA-KEMPALAN: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengharapkan kontingen Komite  Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Jatim tampil sebagai  juara umum di Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) VII 2023 Jawa Barat, 2-9 Juli 2023.

Jatim sendiri menempati posisi ketiga dengan 82 emas, 68 perak dan 55 perunggu pada FORNAS VI. Juara umum ditempati tuan rumah Sumatera Selatan disusul Jawa Barat di peringkat kedua.

“Sore ini kami melepas kontingen super team KORMI Jatim menuju FORNAS VII, semoga sukses bisa mendulang medali sebanyak-banyaknya dan beri hadiah terbaik untuk masyarakat Jawa Timur,” kata Khofifah saat melepas kontingen KORMI Jatim di halaman Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (29/6) sore.

Khofifah juga mengingatkan bahwa KORMI masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) sehingga ia meminta KORMI Jatim untuk mem-breakdown lebih detail dan sistemik.

“Saya minta dikembangkan ke semua kabupaten/kota di Jatim, jadi nambah sampai tuntas 38 kabupaten/kota. Lalu segera lakukan rakor apa yang jadi mandat DBON untuk jenis olahraga rekreasi masyarakat,” ujar Khofifah.

Dengan itu, ia berharap KORMI akan memiliki peran bagaimana memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. Apabila itu terwujud, Khofifah optimistis akan semakin banyak SDM unggul yang akan memperkuat Jatim di masa depan.

“Rasanya olahraga ini jadi kekuatan sehat jiwa, sehat raga, sehat seni, sehat budaya. Masyarakat Indonesia terutama Jatim tidak sekadar olahraga tapi olah budaya dan olah seni, maka di dalamnya ada olah rasa. Saya minta ini diseriusi, DBON di-breakdown sedetail mungkin,” pintanya.

Sementara itu, Ketua KORMI Jatim Hudiyono optimis bisa meraih juara umum karena persiapan yang matang dan jumlah kontingen yang lebih besar.

“Sebelumnya kami mengirim 700 atlet,  dan sekarang kami mengirim 1.592 atlet dari 50 cabang olahraga yang akan diperlombakan,” terang Hudiyono.

Terkai pesaing, pria yang juga Kepala Dinas Pariwisata Jatim ini menyebut Jawa Barat sebagai tuan rumah masih menjadi kompetitor terkuat. “Pesaingnya masih tuan rumah karena tuan rumah sudah mempersiapkan diri dan mengeluarkan dana cukup besar. Tentunya mereka ingin sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi. Tapi kami juga punya tekad besar untuk menjadi juara umum,” tandasnya.

Mengenai target medali, Hudiyono tidak menyebut secara rinci. Tapi ia optimistis untuk olahraga tradisional akan juara umum, seperti gobak sodor dan egrang. “Di Pelembang gobak sodor kita juara umum. Insya Allah kali ini kembali juara umum,” pungkasnya. (Dwi Arifin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *