Gantikan Bali, Solo Siap jadi Tuan Rumah Drawing Piala Dunia U-20

waktu baca 2 menit
Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka (*)

SOLO-KEMPALAN: Kota Solo siap menjadi tuan rumah pengganti untuk drawing Piala Dunia U-20 2023 yang batal dilaksanakan di Bali. 

Kesiapan itu diutarakan langsung oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Anak presiden Jokowi itu berkata bahwa Solo siap bila ditunjuk jadi tuan rumah drawing Piala Dunia U-20 2023. 

Drawing Piala Dunia U-20 2023 sebenarnya awalnya direncanakan berlangsung di Bali pada 31 Maret 2023. Namun, acara tersebut terpaksa dibatalkan karena mendapat penolakan dari Gubernur Bali Wayan Koster. 

Wayan Koster menolak untuk menyambut kedatangan salah satu peserta Piala Dunia U-20 2023, yaitu Israel. Dia menolak karena menganggap Israel sebagai negeri penjajah karena telah menyerang Palestina. 

Hingga kini belum ada kejelasan terkait kapan dan dimana drawing bakal dilaksanakan. Namun, Exco PSSI, Arya Sinulingga menyatakan bahwa sejumlah provinsi lain sempat mengajukan diri jadi tuan rumah drawing Piala Dunia U-20 2023.

“Alternatif, soal ada yang mengajukan diri sebagai pengganti Bali, pasti ada. Semua pasti bicara, ya ada beberapa provinsi [yang bersedia].” kata Arya. 

Salah satu kota yang siap menjadi pengganti adalah Solo. Kesiapan Solo ini diutarakan langsung oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. 

“Nggak tahu saya, jika ada perintah dari PSSI, dari Menpora, saya siap,” kata Gibran. 

Solo sendiri merupakan salah satu kota yang direncanakan akan menghelat pertandingan Piala Dunia U-20 di Stadion Manahan. 

Gibran mengatakan bahwa persiapan Stadion Manahan sebagai salah satu venue Piala Dunia U-20 sudah matang. Dirinya juga menjanjikan akan mendatangkan alat stitching atau mesin penjahit rumput. 

“Sudah matang persiapannya, minggu depan sudah mulai mendatangkan alat stitching juga.” tambahnya.

Gibran juga masih menunggu hasil inspeksi dari FIFA terkait kelayakan Stadion Manahan. Meski dirinya yakin Stadion Manahan sudah sangat siap untuk menggelar laga Piala Dunia U-20.

“Jalan terus, kontraknya masih jalan sampai minggu ini untuk renovasinya. Hasil dari FIFA kemarin kita tunggu saja.” kata Gibran.

Gibran juga sudah berkoordinasi dengan Wishnutama terkait closing ceremony Piala Dunia U-20 2023 yang bakal digelar di Solo. 

“Jalan, kemarin juga sama Pak Wishnutama. Banyak yang sudah dirancang, acara closing-nya, side event-nya, banyak melibatkan seniman lokal, anak-anak muda. Insyaallah lebih meriah, kita tunggu saja.” tutup Walikota Solo itu.

(*) Edwin Fatahuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *