Pengabdian Masyarakat, Mahasiswa PCU Gelar Service Motor Gratis

waktu baca 2 menit
Penyervisan sepeda motor oleh Mahasiswa PCU dan mekanik berpengalaman.

SURABAYA-KEMPALAN: Perawatan terhadap kendaraan bermotor seringkali diabaikan oleh para pengguna jalan. Beberapa anggapan seperti “yang penting tidak mogok” atau “masih bisa jalan kok motornya” adalah penyebabnya. Meskipun terlihat baik-baik saja, mesin atau bagian-bagian motor lainnya juga perlu dirawat secara berkala. Sebab, hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan seseorang saat berkendara. 

Berangkat dari masalah tersebut, Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin Petra Christian University (HIMAMESRA) mengadakan servis motor gratis pada tanggal 6-10 Maret 2023 di Lapangan Anta, Jl. Siwalankerto Timur No.155, Siwalankerto, Kec. Wonocolo, Kota SBY, Jawa Timur 60236.

Proses Registrasi pelanggan

Kegiatan pengabdian masyarakat yang rutin dilakukan tiap semester ini bertujuan untuk mengedukasi sekaligus memberikan layanan gratis kepada masyarakat Siwalankerto dan sekitarnya. Beberapa servis yang diberikan yakni penggantian oli, pembersihan busi, rem, dan karburator, dan masih banyak lagi pelayanan ringan yang diberikan. Para mekanik yang bertugas ialah mahasiswa-mahasiswa program studi Teknik Mesin dan Otomotif yang telah terpilih melalui rekrutmen. 

Tak disangka, kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat sekitar. Promosi kegiatan melalui media sosial maupun pembagian poster ternyata berhasil menarik minat mereka untuk berkunjung dan menikmati servis motor gratis dari HIMAMESRA ini. Kurang lebih terdapat sekitar 30 buah motor yang datang per harinya. Tidak hanya berterima kasih akan layanan gratis yang diberikan, pengunjung juga menjadi sadar akan pentingnya merawat motor. 

Jam operasional servis gratis dibagi menjadi dua shift. Shift pertama dimulai pukul 09.00-12.00 WIB, sedangkan shift kedua dimulai pukul 13.00-16.00 WIB. Puncak keramaian pengunjung biasanya terletak di shift pertama dan pukul 13.00-14.00 WIB. “Banyak masyarakat yang berkonsultasi mengenai kondisi motornya yang beragam pada jam-jam tersebut. Jadi kami harus bekerja lebih ekstra,” ungkap Matthew Andrew, mahasiswa Teknik Mesin PCU angkatan 2021, sekaligus panitia dari kegiatan ini.  

Meskipun tampak cukup melelahkan, senyum puas dari setiap pengunjung yang pergi seakan membayar segalanya. Hidup bukan hanya tentang materi, melainkan juga tentang berbagi sebuah edukasi. Semoga melalui kegiatan ini, mahasiswa juga bisa mendapat pengalaman dan nilai-nilai hidup yang baru.

Sekilas tentang Petra Christian University (PCU), sebuah universitas swasta yang berdiri sejak tahun 1961 bertempat di Surabaya, Indonesia. PCU memiliki fakultas-fakultas yang terkemuka di bidang pendidikan, teknologi, konstruksi, bisnis, dan industri kreatif. (Ajeng Dyah)

Editor: Freddy Mutiara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *