Hanya Rezim Komunis yang Anti Politik Identitas

waktu baca 4 menit
ILUSTRASI: Reformasi 1998 (Foto: islamtoday.id)

KEMPALAN: TAHUKAH anda apa itu identitas? Identitas berasal dari kata identity yang artinya memiliki tanda, ciri atau jati diri yang melekat pada suatu individu, kelompok atau sesuatu yang membedakannya.

Dalam perspektif psikologi, identitas adalah suatu perasaan tentang menjadi seseorang yang sama, perasaan tersebut melibatkan sensasi fisik dari tubuh, body image, tujuan, nilai-nilai, dan pengalaman yang dimiliki oleh seseorang, suatu perasaan yang berhubungan dengan rasa keunikan dan kemandirian. (Erikson dalam Corsini).

Katherine Woodward dalam bukunya Identity and Difference menjelaskan bahwa Identitas adalah gagasan yang diberikan perihal konsep individu, sehingga asal-usul seseorang dapat diketahui. Identitas berasal dari banyak aspek seperti kebangsaan, etnis, ras, strata sosial, jenis kelamin, dan gender.

BACA JUGA: Ungkapan Benny Relawan Jokowi, Potret Aksi Menuju Negara Fasis

Pembahasan Stuart Hall pada buku yang sama dijelaskan bahwa identitas bersifat tidak tetap dan selalu berubah. Identitas tidak dapat dilepaskan dari representasi karena proses representasilah yang memiliki pengaruh tidak langsung dalam pembentukkan identitas.

Menurut Hall, identitas terbagi menjadi dua yaitu, “being” dan “becoming“.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *