Menu

Mode Gelap

Kempalantek · 10 Nov 2022 17:00 WIB ·

Jawab Tantangan Zaman, UK Petra Resmikan Laboratorium Prototype Smart Home Berbasis IoT


					(Ki-Ka) William Gosal dari Handyman Smart Home System bersama Yulia dan Handy Wicaksono dari UK Petra meresmikan Lab IoT Perbesar

(Ki-Ka) William Gosal dari Handyman Smart Home System bersama Yulia dan Handy Wicaksono dari UK Petra meresmikan Lab IoT

Surabaya-KEMPALAN: Universitas Kristen Petra (UK Petra) pada Kamis (10/11) mulai pukul 11.00 WIB di gedung P lantai 3, depan lift ganjil secara resmi menambah fasilitas laboratorium pintar bagi mahasiswa program Internet of Things (IoT) UK Petra.

“Menggandeng PT Handyman Smart Teknologi (HST) yang sudah berpengalaman mengerjakan proyek smart home di berbagai perumahan mewah di beberapa kota di Indonesia, kami membuat laboratorium prototype rumah cerdas berbasis IoT atau mock-up nya.”, tambah Handy Wicaksono, S.T., M.T., Ph.D., selaku Kapro IoT dan Kaprodi Electrical Engineering UK Petra.

Petrus Santoso selaku Sekretaris Prodi Electrical Engineering UK Petra menjelaskan telepresence robot pada mahasiswi bernama Keiko Marvella

Bersentuhan langsung dengan dunia industri melalui pengadaan laboratorium baru ini menjadikan kesempatan bagi para mahasiswa IoT UK Petra yang dilaunching mulai semester gasal 2021/2022 akan merasakan wawasan sekaligus professional skills siap terjun dalam dunia kerja.

Handy menambahkan dengan hadirnya sistem IoT secara nyata ditengah masyarakat melalui UK Petra maka akan membantu masyarakat umum semakin memahami kegunaan IoT bagi kehidupan sehari-hari.

Christensen Derick Kho (mahasiswa UK Petra) saat melihat CCTV di Smart Mirror

“Di masa depan perangkat IoT mengambil peran besar. Kami berharap, dengan hadirnya fasilitas ini maka lahirlah teknologi-teknologi IoT yang lebih inovatif dan luar biasa lagi ke depannya dari anak bangsa. Agar tidak lagi tertinggal dalam hal pengembangan teknologi dengan negara-negara besar lainnya.”, ungkap CEO dan Founder Handyman Smart Home System, William Gosal.

Laboratorium ini sendiri dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama ialah mock-up smart home yang terdiri dari ruang tamu (keluarga), ruang makan, dapur, kamar tidur, dan kamar mandi. Sedangkan untuk bagian ke dua merupakan tempat bagi mahasiswa untuk melakukan praktikum, mengerjakan tugas, berdiskusi, hingga mengikuti perkuliahan dalam bentuk kelas kecil.

Handy Wicaksono (Kaprog IoT UK Petra) menunjukkan SOS button yg ada di Kamar Mandi

Dalam ruang tamu, penjabaran IoT ini misalkan saja dirupakan dalam alat deteksi keberadaan jumlah orang, mekanisme buka-tutup tirai otomatis, mekanisme penggerak TV otomatis hingga pengendalian peralatan dengan suara atau yang kerap kita tahu seperti Amazon Alexa. “Jadi dalam setiap fungsi rumah cerdas ini, para mahasiswa dan kita semua akan tahu secara riil penggunaannya dan aplikasinya langsung.”, imbuh Handy.

Tak hanya itu, pada hari yang bersamaan sebelumnya pada pukul 09.30 WIB di gedung P ruang P709 digelar seminar “Shaping The Future with Internet of Things” yang dibawakan oleh William Gosal, Owner Handyman Smart Home sebagai pembicara pertama. William akan membahas mengenai bagaimana penerapan teknologi IoT di Smart Home dan Smart City.

Sementara itu, pembicara kedua menghadirkan Handy Wicaksono, S.T., M.T., Ph.D., yang akan berbicara pentingnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang menguasai IoT di masa depan untuk pemanfatan dalam kehidupan masa yang akan datang. (Ajeng Dyah Puspitasari)

Editor: Freddy Mutiara

 

Artikel ini telah dibaca 61 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Kominfo Lakukan Analog Switch-Off, Dosen Teknik Elektro Ubaya Jelaskan Untung Rugi dan Peluangnya terhadap 5G

22 November 2022 - 17:43 WIB

Pameran Karya Mahasiswa UK Petra dan Silpakorn University-Thailand Hasilkan Karya Apik Arsitektur

21 November 2022 - 18:22 WIB

Ubaya Launching Sistem Jamoe-DB, Ciptakan Transformasi Bisnis Digital Herbal

19 November 2022 - 19:49 WIB

Gelar Seminar Teknologi, Dosen Teknik Informatika Ubaya Beri Penjelasan Human Computer Interaction

6 November 2022 - 15:21 WIB

Ratusan Siswa SMA se-Jatim dan Indonesia Timur Ikuti Seminar XR Technology Ubaya

3 November 2022 - 16:37 WIB

Konvoi 1.300 Kendaraan Listrik dalam Peringatan Hari Listrik Nasional Jatim Pecahkan Rekor MURI, Gubernur Khofifah: Wujud Komitmen Dukung Net Zero Emision 2060

29 Oktober 2022 - 18:13 WIB

Trending di Kempalantek