Menu

Mode Gelap

Kempalantek · 6 Nov 2022 15:21 WIB ·

Gelar Seminar Teknologi, Dosen Teknik Informatika Ubaya Beri Penjelasan Human Computer Interaction


					Tyrza memberikan penjelasan tentang Human Computer Interaction pada acara Informatics Creative Festival (ICF) Perbesar

Tyrza memberikan penjelasan tentang Human Computer Interaction pada acara Informatics Creative Festival (ICF)

SURABAYAKEMPALAN:  Human Computer Interaction (HCI) telah menjadi bagian dalam kehidupan manusia. Penting bagi masyarakat untuk dapat mengenal HCI dan peranannya yang dapat membantu efisiensi pekerjaan di masa kini dan masa depan. Meresponi hal ini, Dosen Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Ubaya, Tyrza Adelia, S.Sn., M.Inf.Tech., memberikan penjelasan mengenai HCI di seminar “Technology for Humanity” pada acara Informatics Creative Festival (ICF) Ubaya 2022.

HCI adalah suatu bidang studi yang mempelajari tentang desain atau penggunaan teknologi komputer. Tyrza mengatakan, HCI merupakan cara untuk merancang suatu teknologi komputer yang bisa memudahkan pengguna dalam menggunakan teknologi untuk dapat digunakan dimana saja. HCI harus memenuhi kebutuhan penggunanya dengan berbagai abilities mulai dari yang sudah ahli sampai kaum awam sekalipun. “HCI sangat penting dalam merancang interface yang biasanya diakses oleh orang-orang dengan kemampuan dan keahlian berbeda,” jelasnya.

Contoh HCI yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah Anjungan Tunai Mandiri (ATM), mobile payment, vending machine, dan lift, “Tidak hanya mesin elektronik digital saja, tetapi aplikasi, software, ataupun console game juga termasuk HCI. Untuk industri biasanya digunakan untuk purchase order dan air traffic control,” imbuhnya. Selain itu, ada pula HCI development yang berkaitan dengan Internet of Things (IoT) computing, augmented reality (AR) ataupun virtual reality (VR), Eye-Tracking Technology, cloud computing dan Speech Recognition Technology.

Salah seorang pengunjung acara Informatics Creative Festival (ICF) mencoba virtual reality experience demo booth

Technology for Humanity yang dibahas pada acara Informatics Creative Festival (ICF) Ubaya 2022 tidak hanya tentang Human Computer Interaction saja. Ada pula seminar dengan topik “Machine vs Human”, “Data for the Future”, “Toward Metaverse: Challenge and Opportunities”, serta “Augmented Reality vs Virtual Reality”. Materi dibawakan oleh praktisi dan pakar dari Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Ubaya.

ICF digelar mulai dari tanggal 4-6 November 2022 di Atrium Pakuwon City Mall East Coast Surabaya. Selain seminar, pada acara ini juga terdapat pameran yang menampilkan beragam karya mahasiswa. Beberapa karya tersebut antara lain video pembelajaran sistem saraf, pembuatan game online cerita pewayangan dan skenario menghadapi pandemi, inovasi aplikasi automated plant watering system, virtual reality experience demo booth, dan masih banyak lagi. Rangkaian acara juga dimeriahkan oleh beragam perlombaan yakni competitive programmingcomic strip, TikTok, dan Mobile Legends.

Ketua Dosen Pembimbing ICF 2022, Alexander Yohan, S.Kom., M.I.M., Ph.D., mengatakan tujuan utama ICF adalah memperkenalkan kualitas mahasiswa Teknik Informatika Ubaya kepada publik. Alexander berharap acara ini dapat memperkenalkan inovasi yang dibuat Teknik Informatika Ubaya yang dapat berkontribusi secara langsung untuk membantu kehidupan masyarakat. “Saya harap masyarakat akan semakin mengenal dan tidak takut terhadap perkembangan teknologi,” pungkasnya. (Zha  Zha Elenita Santoso)

Editor: Freddy Mutiara

 

 

Artikel ini telah dibaca 39 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Kominfo Lakukan Analog Switch-Off, Dosen Teknik Elektro Ubaya Jelaskan Untung Rugi dan Peluangnya terhadap 5G

22 November 2022 - 17:43 WIB

Pameran Karya Mahasiswa UK Petra dan Silpakorn University-Thailand Hasilkan Karya Apik Arsitektur

21 November 2022 - 18:22 WIB

Ubaya Launching Sistem Jamoe-DB, Ciptakan Transformasi Bisnis Digital Herbal

19 November 2022 - 19:49 WIB

Jawab Tantangan Zaman, UK Petra Resmikan Laboratorium Prototype Smart Home Berbasis IoT

10 November 2022 - 17:00 WIB

Ratusan Siswa SMA se-Jatim dan Indonesia Timur Ikuti Seminar XR Technology Ubaya

3 November 2022 - 16:37 WIB

Konvoi 1.300 Kendaraan Listrik dalam Peringatan Hari Listrik Nasional Jatim Pecahkan Rekor MURI, Gubernur Khofifah: Wujud Komitmen Dukung Net Zero Emision 2060

29 Oktober 2022 - 18:13 WIB

Trending di Kempalantek