Harapan Thomas Doll: Penonton Tetap Bisa Hadir saat Liga 1 Berlanjut

waktu baca 2 menit
Pelatih Persija, Thomas Doll (*)

JAKARTA-KEMPALAN: Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll berharap suporter akan tetap diizinkan ke stadion saat Liga 1 musim 2022-2023 kembali bergulir nantinya.

Kompetensi Liga 1 musim 2022-2023 dihentikan sejenak usai terjadi tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang pada Sabtu (1/10) malam. Tragedi tersebut memakan 134 orang korban jiwa serta ratusan lainnya luka-luka.

Banyaknya korban dalam tragedi itu kemudian membuat PT Liga Indonesia Baru memutuskan untuk menghentikan sementara seluruh pertandingan di Liga 1 musim 2022-2023.

Belum ada kepastian kapan Liga 1 akan kembali bergulir, namun pada action plan pembenahan sepakbola Indonesia yang dibuat oleh FIFA dan PSSI, direncanakan Liga 1 akan berlanjut pada akhir November nanti.

Pelatih Persija, Thomas Doll berharap bahwa bahwa para suporter akan dapat tetap datang ke stadion ketika Liga 1 dilanjutkan nantinya. Sebab, suporter merupakan salah satu elemen vital dalam sepak bola.

Namun, Doll juga menegaskan bahwa harus ada peningkatan keamanan di Stadion untuk menjamin keselamatan penonton.

BACA JUGA: Korban Tragedi Kanjuruhan Ini Meninggal usai Dirawat selama 21 Hari

“Kita harus memperbaiki sistem keamanan agar lebih bagus, semua penonton di stadion aman, semua sehat, dan pulang ke rumah dengan selamat.” kata Doll di situs resmi klub, Sabtu (21/10).

“Saya berharap para suporter bisa melihat sepak bola kembali. Saya pikir suporter harus ada lagi karena sudah dua tahun tanpa sepak bola efek pandemi. Saya pikir jika tanpa penonton di stadion, itu bukan hal yang bagus,” tambah pelatih asal Jerman itu.

“Sepak bola tanpa suporter menurut saya akan berbeda. Atmosfernya berbeda, sepak bola tanpa suporter seperti pertandingan latihan. Tidak ada emosional yang semua dirasakan pemain dan tim serta mereka (suporter) hanya menonton lewat televisi” kata pelatih berusia 56 tahun itu.

Thomas Doll juga memberikan perkembangan terkini terkait kondisi timnya. Pelatih kelahiran 1977 memberikan latihan berat untuk meningkatkan kebugaran para pemain.

“Akhirnya kami memulai latihan lagi sejak Selasa (18/10). Untuk program hari ini kami membagi latihan menjadi dua bagian. Pertama kami melatih para pemain dari segi atletik mereka. Lalu kami melatih bentuk permainan.” kata Doll.

“Rencananya di sisa minggu ini, kami akan melakukan latihan gym dan akan melatih bentuk permainan tim dengan lapangan lebih besar pada Sabtu.” tutup pelatih kepala Persija Jakarta itu.

(*) Edwin Fatahuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *