Pogba Memburu Waktu untuk Piala Dunia 2022

waktu baca 2 menit
Gelandang timnas Prancis Paul Pogba saat mencium trofi Piala Dunia 2018. (Foto: manutd.com)

TURIN-KEMPALAN: Seharusnya Paul Pogba bisa menatap Piala Dunia ketiganya bagi timnas Prancis dalam Piala Dunia 2022, akhir November mendatang. Sebelumya dia sudah pernah turun dalam Piala Dunia 2014 dan 2018. Pada edisi terakhir, 2018, Pogba bahkan ikut membawa Les Bleus (julukan timnas Prancis) memenangi Piala Dunia.

Sayangnya, cedera meniscus lateral lutut kanan yang dia alami ketika latihan di Las Vegas, AS, 24 Juli lalu bersama klubnya Juventus dalam pramusim jadi ganjalannya. Tidak hanya membuat pramusimnya bersama La Vecchia Signora (julukan Juve) berakhir lebih cepat.

BACA JUGA: Duh, Baru Pramusim Pogba Sudah Tumbang

Demikian pula dengan potensinya bergabung dengan Hugo Lloris dkk di Clairefontaine (sebutan kamp latihan timnas Prancis). Surat kabar La Stampa menyebut, Pogba harus minggir antara dua sampai lima bulan.

Setidaknya sampai akhir Oktober, atau kurang dari sebulan jelang kickoff Piala Dunia pada akhir November. Meskipun ada peluang performa gelandang berusia 29 tahun tersebut tidak maksimal saat itu.

Seperti yang diharapkan entraineur Prancis Didier Deschamps tentang kriteria calon pemainnya dalam Piala Dunia 2022 nanti. Deschamps tidak menjamin pemain langganan skuad Prancis bisa langsung masuk komposisi.

BACA JUGA: Ternyata, Ini Alasan Pogba “Pulang” ke Juventus

Aturan serupa juga diberlakukan kepada Pogba. ’’Dia (Pogba) merupakan kerangka di tim kami, begitu juga pengalamannya yang juga penting. Akan tetapi, dirinya hanya akan masuk dalam tim kami jika berada dalam level yang terbaik,’’ sebut Didi (sapaan akrab Deschamps).

Meski, di balik keputusannya itu Didi harus melakukan perjudian. Termasuk dalam utak-atik lini tengahnya. Apalagi mengingat peran Pogba nyaris tidak tergantikan di Piala Dunia sejak di edisi 2014 lalu.

Dari 12 laga timnas Prancis yang sedang dijalani Hugo Lloris dkk di dalam Piala Dunia 2014 dan 2018 bersama Pogba, hanya sekali gelandang dengan 91 caps itu tak dimainkan dan sekali main sebagai pengganti.

BACA JUGA: Berpisah dari Manchester United, Ini Kata Paul Pogba

Keputusan Didi tidak memasukkan Pogba dalam empat laga kompetitif terakhir Prancis bisa jadi pandangannya. Ketika itu, tanpa sosok nomor enamnya, Prancis nirmenang dalam empat laga UEFA Nations League. Prancis hanya bisa dua kali imbang dari empat laga, sisanya tumbang.

Tanpa Pogba Didi empat kali bereksperimen dari empat laga. Dimulai dari menduetkan Aurelie Tchouameni dengan N’Golo Kante, lalu berubah dengan Matteo Guendouzi dan berganti lagi dengan Boubacar Kamara. Kemudian, holding midfielder Prancis diubah lagi komposisinya jadi duet Guendouzi – Kamara. (Tuttomercatoweb, AFP, Yunita Mega Pratiwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *