Revolusi Akhlak

waktu baca 6 menit
Foto: Istimewa

KEMPALAN: INDONESIA dalam kondisi darurat. Begitu, setidaknya, menurut Habib Rizieq Shihab atau HRS yang pekan ini menjalani pembebasan bersyarat. Indonesia sedang berada pada kondisi darurat di banyak bidang, dan HRS menawarkan satu resep ampuh untuk mengatasinya, yaitu revolusi.

Revolusi yang ditawarkan HRS bukan revolusi fisik yang pernah dikenal dalam sejarah bangsa-bangsa, tapi revolusi ala HRS adalah revolusi akhlak. Untuk menyelesaikan semua persoalan darurat itu resepnya hanya satu, yaitu revolusi akhlak. As simple as that, cukup sederhana resep yang ditawarkan HRS untuk menyelesaikan kedaruratan itu.

Kondisi darurat yang ditengarai sedang terjadi di Indonesia adalah darurat korupsi, darurat utang, darurat kebohongan, darurat kezaliman. HRS membuat daftar berbagai persoalan yang kemudian dilabeli sebagai kondisi darurat. HRS tidak merinci apa yang dimaksudkan dengan kondisi darurat. Juga tidak dijelaskan apa yang dimaksudkan sebagai kondisi darurat kebohongan dan darurat kezaliman.

Kalau disebut sebagai darurat artinya kondisinya sudah sampai pada posisi yang gawat dan sebentar lagi akan pecah menjadi bencana. Kedaruratan adalah situasi bersiaga terus-menerus dalam kondisi tidak normal. Dalam kedaruratan aturan dan undang-undang bisa diabaikan karena situasi sedang berada di luar normal.

BACA JUGA: Perang Digital

Dalam banyak kasus, kondisi darurat sengaja diciptakan. Bahkan kondisi darurat itu dibuat sebagai hal permanen. Kondisi darurat harusnya bersifat sementara, dan undang-undang darurat juga harus bersifat sementara. Tapi, dalam banyak kasus, kondisi darurat sengaja dibuat berkepanjangan, dan bahkan dipermanenkan.

Namanya juga darurat, seharusnya bersifat sementara. Tapi, yang terjadi kedaruratan itu malah dipermanenkan, dilembagakan, sehingga menjadi legitimasi bagi tindakan-tindakan di luar hukum. Hukum ada, tetapi sekaligus tidak ada. Hukum seharusnya melindungi, tapi malah menempatkan rakyat dalam pengawasan yang berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *