Menu

Mode Gelap

kempalanews · 6 Mei 2022 08:00 WIB ·

Panijan Pengusaha Kerupuk: Saya Kapok ke Mekkah!!


					Panijan tertunduk tidur (baju putih)  dan istrinya memandang ke penulis. (Foto: Fim) Perbesar

Panijan tertunduk tidur (baju putih) dan istrinya memandang ke penulis. (Foto: Fim)

Kisah Nyata Sepulang Umrah

Oleh Ferry Is Mirza

(Wartawan Utama)

KEMPALAN: Berbagai kisah nyata dialami seseorang terjadi saat beribadah umrah atau haji. Ada yang lupa dirinya saat dalam perjalanan ke tanah suci atau ketika pulang ke tanah air.

Beragam kejadian nyata itu semua atas kehendak Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan KehendakNYA itu adalah sebagai bentuk alarm bagi yang mengalaminya. Karena, sebelumnya seorang itu normal dan sehat, akan tetapi berubah. Bisa linglung, ngoceh yang aneh aneh dan lucu.

Bahkan, yang bikin trenyuh bagi penulis seperti yang dialami Pak Panijan, pengusaha kerupuk yang mempekerjakan 40 karyawan asal Bojonegoro yang menurut isterinya diberangkatkan anaknya menunaikan umrah akhir Ramadhan. Kisahnya berikut ini :

Ketika naik ke pesawat pasangan suami istri ini diantar petugas darat bandara khusus umrah haji di kawasan Madinatul Hujjah, Jeddah.

Saat disuruh duduk di kursinya oleh awak pesawat Lion JT 1115 tujuan Juanda Surabaya, Panijan yang terpisah tempat duduk dengan istrinya, selisih empati kursi nomor 23 A dan 24 F, spontan Panijan teriak-teriak meminta istrinya pindah ke dekatnya.

Namun, karena aturan, penumpang bisa bertukar atau pindah kursi setelah pesawat mengangkasa 20 menit pasca take off.

Nah, baru sekitar sepuluh menit, Panijan yang duduk sederet dengan nomor 24 D kursi Hj Siti Nur Indah –isteri penulis– lagi-lagi teriak memangil Bu Panijan seperti orang histeris sambil berkata: “Endi Duite, endi duite, ayo kinio (Mana uangnya mana uangnya, ayo kesini),” teriak Panijan. Karuan saja kejadian ini menarik perhatian jamaah umrah lain yang berasal dari berbagai kota di Jatim.

Kebetulan pasangan suami istri asal Bojonegoro ini ikut dalam rombongan atau group yang TL (tour leader)nya istri saya dan dibimbing Ustdz Chumaidi.

Penulis pun mencari tahu lewat Ustdz H Adenan yang tinggal se hotel dengan pasutri itu saat di Mekkah dan Madinah. “Bla bla bla,” tutur Ustdz Aden panggilan akrabnya.

Dari penjelasan Ustdz Aden, maaf bukan bermaksud riya’, penulis yang berkali kali menemui peristiwa seperti yang dialami Panijan yang usianya 56 tahun itu, baik saat umrah atau haji, mencoba menggali info lewat Bu Panijan. Kenapa suaminya seperti itu. “Saya dan Bapak umrah ini diberangkatkan anak saya,” tuturnya dengan wajah sedih. Sementara Pak Panijan tertunduk tidur di kursinya.

Pas saat crew pesawat menginfokan saatnya sholat Ashar, Pak Panijan yang diarahkan istri penulis untuk sholat dan berwudhu dengan cara tayammum. Eee eee sungguh mengejutkan jawabnya. “Laopo sholat, aku luwih, arep metu tuko maem, Buat apa sholat, saya lapar, mau keluar (dari pesawat, red) untuk beli makanan,” kata pria paruh baya yang wajahnya tampak lesu dengan pandangan mata kosong itu.

Lalu, penulis mendekati Panijan dan meminta untuk beristighfar. Kejutan kali ini sungguh membuat penulis tersentak sambil mengelus dada, “Kapok saya, saya gak mau lagi ke Mekkah meski sudah daftar haji. Saya gak perlu sholat, wong saya sudah membantu langgar,” tegasnya. Membuat jamaah lain yang duduk tak jauh dari kursi Panijan, terperangah mendengar pengakuan Panijan.

Singkat kisah, istri penulis terus memberikan pemahan kenapa umrah dan untuk apa sholat itu. Subhanallahu, Panijan pun tertidur diatas meja kursinya (lihat foto, red).

Penulis berniat untuk menemui keluarganya saat menjemput di bandara Juanda, namun karena sikonnya tak memungkinkan sudah menjelang Jumat dinihari. Akhirnya mengurungkan, dengan mengganti doa untuk Panijan dan istri agar dibukakan hatinya diberi hidayah Allah Ta’ala untuk istiqamah sebagai ummat Rasulallah menunaikan syariat Islam. Aamiin…. (fim, diatas R4 menuju pulang dari bandara Juanda)

Artikel ini telah dibaca 1.573 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Aksi Peduli di Hari Bhayangkara ke-76, Polsek Tanggulangin Bagi Sembako

1 Juli 2022 - 12:25 WIB

HUT Bhayangkara ke-76, Puan Harap Polri Makin Profesional dan Humanis ke Rakyat

1 Juli 2022 - 12:12 WIB

Kado Hari Bhayangkara ke-76, Kapolresta Sidoarjo Raih iNews Maker Award 2022

1 Juli 2022 - 11:26 WIB

Hari Bhayangkara Ke-76, Khofifah Ajak Jajaran Porli Perkuat Sinergi Pemulihan Ekonomi di Jatim

1 Juli 2022 - 09:49 WIB

Pameran Karya Jurnalistik Lintas Generasi, Tampilkan Don Hasman

1 Juli 2022 - 07:35 WIB

Kelompok DPD RI di MPR Dorong Capres Jalur Non-Parpol Lewat Amandemen ke-5

1 Juli 2022 - 05:58 WIB

Trending di kempalanews