Menu

Mode Gelap

Kempalanart · 5 Mei 2022 07:33 WIB ·

Apresiasi Perkembangan Wisata Tawangmangu, Ganjar Ingatkan Aspek Kelestarian Alam


					Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tetap mengingatkan warga dan pengelola wisata agar tidak mengabaikan aspek kelestarian alam. Perbesar

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tetap mengingatkan warga dan pengelola wisata agar tidak mengabaikan aspek kelestarian alam.

KARANGANYAR -KEMPALAN: Keindahan panorama Tawangmangu menarik minat banyak wisatawan. Terlebih saat ini objek wisata itu terus menambahkan tempat-tempat menarik, baik penginapan, kuliner maupun tempat-tempat foto. Meski begitu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tetap mengingatkan warga dan pengelola wisata agar tidak mengabaikan aspek kelestarian alam.

“Potensi wisatanya (Tawangmangu) luar biasa. Dulu wisata hanya Grojogan Sewu, camping, Balekambang, sekarang sudah di mana-mana. Memang indah sekali tempatnya, berbukit-bukit. Lereng Lawu memang menarik,” ungkapnya di sela-sela kegiatan olahraga lari pagi ditemani istri, Siti Atiqoh, di Tawangmangu, Selasa (3/5/2022).

Dengan adanya perkembangan tempat wisata, Ganjar mengingatkan warga dan pengelola tempat wisata, untuk tetap menjaga lingkungan. Termasuk kelestarian wilayah hutan di area lereng Gunung Lawu.

“Saking cepatnya (pengembangan objek wisata) maka gradasi (berkurang) hutannya cukup tinggi, sehingga penting untuk melakukan kontrol. Dulu bukit-bukit itu masih hutan lebat dan sangat dingin di sini,” tegas Ganjar.

Dua objek wisata yang didatangi Ganjar dalam kunjungan itu adalah The Lawu Park dan Sakura Hills. Kedua tempat ini sangat terkenal dan didatangi banyak orang. Pada para pengelola dua tempat wisata tersebut, Ganjar juga menanyakan tentang kesiapan mereka dalam menghadapi lonjakan pengunjung yang diperkirakan terjadi mulai hari kedua lebaran.

Persiapan yang dimaksud lebih pada antisipasi penyebaran virus Covid-19. “Bagaimana, sudah mulai ramai? Disiapkan dengan baik ya, protokol kesehatan juga dijaga,” tanya Ganjar didampingi Camat Tawangmangu, pada pengelola The Lawu Park.

Pertanyaan yang sama juga disampaikan pada pengelola Sakura Hills, saat Ganjar berkunjung ke sana. Di objek wisata ini, Ganjar dan Atiqoh bahkan sempat berwisata sejenak dengan berjalan menyusuri jembatan bambu yang menuju pondok penginapan. Pondok-pondok ini berada tepat di lereng pengunungan, dengan pemandangan puncak Lawu.

“Pemandangan gunungnya indah. Ada juga tempat penginapan sekitar 24 pondok. Dan ini masih akan ditambah lagi,” pungkasnya.

Editor: Freddy Mutiara

 

Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Trailer “Avatar: The Way of Water” Diputar 148,6 Juta Kali dalam Satu Hari

16 Mei 2022 - 09:36 WIB

Menjelaskan Steven dan Marc dalam Moon Knight

15 Mei 2022 - 12:02 WIB

Saat Megawati Bicara soal BTS hingga Filosofi Gamelan

14 Mei 2022 - 06:19 WIB

Mengenal America Chavez, Pengelana Multiverse yang Tampil di Doctor Strange 2

13 Mei 2022 - 19:08 WIB

Resensi Buku: The Love of Strangers

8 Mei 2022 - 18:16 WIB

Wali Kota Eri Cahyadi Akan Evaluasi Wahana Tempat Wisata di Surabaya

8 Mei 2022 - 17:58 WIB

Trending di Kempalanart