Menu

Mode Gelap

Kempalpagi · 28 Apr 2022 17:20 WIB ·

Sulaiman Al-Rajhi


					Sulaiman Al-Rajhi Perbesar

Sulaiman Al-Rajhi

KEMPALAN: BILL Gates, Warren Buffet, dan Andrew Carnegie adalah orang-orang terkaya di dunia dari Amerika Serikat. Mereka bukan hanya kaya, tapi juga dikenal dermawan, manusia paling loman di dunia. Bill Gates sudah menyumbangkan uang sebesar USD 30 miliar  atau sekitar Rp 450 triliun untuk kepentingan sosial, Warren Buffet  menyumbangkan USD 26 miliar atau sekitar Rp 400 triliun, dan Andrew Carnegie  menyumbangkan USD 10 miliar atau sekitar Rp 150 triliun.

Nama-nama itu sudah kondang di seluruh jagat sebagai sultan supercrazy rich yang sekaligus philantropis. Mereka  orang kaya yang sudah mentok kemudian membagi-bagikan kekayaannya untuk kegiatan sosial di seluruh dunia. Mereka membantu orang-orang miskin di berbagai penjuru dunia untuk mendapatkan pendidikan yang layak, layanan kesehatan, dan mendapatkan berbagai bantuan sosial.

Beberapa hari terakhir ini muncul satu nama philantropis yang tidak berasal dari Amerika, tetapi dari Arab Saudi. Namanya Sulaiman Al-Rajhi. Anda yang pernah ke Arab Saudi bisa melihat Al-Rajhi Bank hampir di setiap sudut kota lengkap dengan gerai ATM. Itulah salah satu unit usaha milik Sulaiman Al-Rajhi.

Al-Rajhi bukan keturunan sultan atau punya hubungan dengan kerabat kerajaan. Dia orang biasa, rakyat jelata yang miskin.  Sekarang Al-Rajhi menjadi ‘’sultan’’ karena kekayaannya menembus USD 6 miliar atau setara dengan Rp 75 triliun. Dengan kekayaan itu Al-Rajhi masuk dalam daftar orang terkaya dunia versi Forbes.

BACA JUGA: LBP dan Elon Musk

Di Indonesia publik tiap hari disodori berita mengenai crazy rich anyaran yang pamer kekayaan dengan membabi buta. Rumah mewah, mobil dan motor mewah, sampai pesawat pribadi dipamerkan ke publik. Publik bertanya-tanya darimana anak-anak itu memperoleh kekayannya. Sekarang ketahuan bahwa sebagian di antara mereka memelihara pesugihan digital melalui aplikasi bodong yang menipu pengguna sampai  ratusan miliar.

Para crazy super rich Amerika tidak terkenal karena flexing pamer kekayaan. Mereka lebih dikenal karena kegiatan amalnya. Penampilan dan gaya hidup mereka sederhana. Warren Buffet malah dikenal pelit justru kepada anak-anaknya sendiri. Buffet tidak mewariskan hartanya cuma-cuma kepada anak-anaknya.

Warren Buffett yang berusia 90 tahun akan mewariskan sebagian besar hartanya untuk kepentungan amal sosial. Hartanya masih ada USD 100 miliar meskipun sudah banyak disumbangkan.  Buffett menegaskan kembali keyakinannya yang telah lama dipegangnya, bahwa kekayaan akan lebih baik dihabiskan untuk tujuan filantropi daripada diwariskan kepada anak-anaknya.

Artikel ini telah dibaca 89 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Upacara Baijiu

17 Mei 2022 - 08:00 WIB

Jokowi, Biden, dan Elon

16 Mei 2022 - 16:11 WIB

一百二十

16 Mei 2022 - 08:00 WIB

Shireen

15 Mei 2022 - 10:17 WIB

Stereo Adharta

15 Mei 2022 - 08:00 WIB

Lockdown Sapi

14 Mei 2022 - 17:05 WIB

Trending di Kempalpagi