Menu

Mode Gelap

kempalanews · 28 Apr 2022 19:55 WIB ·

Bertemu Sekjen PBB, Putin Setujui Evakuasi oleh Palang Merah di Mariupol


					Putin dan Guterres-BBC Perbesar

Putin dan Guterres-BBC

MOSKOW-KEMPALAN: Presiden Rusia yaitu Putin telah menyetujui adanya evakuasi oleh Palang Merah dan PBB di Mariupol setelah sebelumnya bertemu dengan Sekretaris Jenderal PBB yaitu Antonio Guterres.

Dalam pertemuan antara Putin dan Guterres tersebut, disebutkan bahwa mereka membicarakan mengenai situasi terkini di Pabrik Baja Azovstal—tempat pertahanan terakhir bagi para pengungsi di Mariupol.

Hasil akhir dari adanya dialog tersebut adalah bahwa Putin mengizinkan keikutsertaan Palang Merah dan PBB untuk melakukan evakuasi di Mariupol—namun belum ada kejelasan waktu dalam operasinya.

Sebelumnya pada 21 April, pihak Rusia mendeklarasikan kemenangannya di Mariupol.

Namun diperkirakan masih banyak pasukan militer Ukraina yang berada di Mariupol—lebih tepatnya di wilayah Pabrik Baja Azovstal.

Putin kemudian mengatakan bahwa tidak ada operasi militer yang sedang berjalan di Mariupol—yang kemudian meminta Ukraina untuk bertanggung jawab atas keselamatan warganya yang masih berada di Mariupol.

Rusia sudah mengizinkan pihak Ukraina untuk melakukan evakuasi serta membiarkan warga Ukraina meninggalkan Pabrik Baja tersebut, namun pihak Ukraina mengatakan bahwa Rusia masih melakukan serangan.

Dengan adanya hal tersebut, PBB ingin ikut serta dalam konflik tersebut—dengan cara membuka jalan kemanusiaan yaitu membantu evakuasi.

Menteri Luar Negeri Rusia yaitu Sergey Lavrov mengatakan bahwa Guterres mengajukan proposal dengan membuat kelompok pemberi bantuan kemanusiaan yang terdiri dari Rusia, Ukraina dan PBB dengan tujuan untuk memberikan rasa aman kepada warga sipil dalam evakuasi.

Juru Bicara PBB yaitu Dujarric mengatakan bahwa agensi PBB di bidang urusan Kemanusiaan akan bekerja sama lebih lanjut dengan Kementerian Pertahanan Rusia untuk membantu evakuasi.

 

(Muhamad Nurilham, Aljazeera)

Artikel ini telah dibaca 29 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Pemprov Jatim Raih Penghargaan Provinsi Berkinerja Terbaik Penerapan SPM dari Kemendagri

18 Mei 2022 - 22:40 WIB

Halal Bihalal Warga Kampung, Ketua DPRD Surabaya Angkat Keguyuban dan Gotong Royong

18 Mei 2022 - 22:04 WIB

Anies Jalin Kesepakatan Pembangunan Perkotaan Berkelanjutan dengan Berlin

18 Mei 2022 - 19:06 WIB

PPDB SMPN Surabaya Dimulai, Simak Tahapan dan Cara Pendaftarannya!

18 Mei 2022 - 18:53 WIB

Macron Desak Israel untuk Investigasi terkait Pembunuhan Shireen Abu Akleh

18 Mei 2022 - 12:28 WIB

Shireen Abu Akleh-Tempo

Peci Terdakwa Disoal Jaksa Agung, sebagai Trik Kuno

18 Mei 2022 - 12:05 WIB

Trending di kempalanalisis