Menu

Mode Gelap

kempalanews · 19 Apr 2022 12:15 WIB ·

Festival Ramadhan dan Telur Paskah Bersanding Harmoni di Ruang Publik Jakarta


					Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyapa anak-anak yang sedang lomba melukis telur hias pada Festival Telur Paskah 2022 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu, 17 April 2022. ( Foto: Pemprov DKI Jakarta) Perbesar

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyapa anak-anak yang sedang lomba melukis telur hias pada Festival Telur Paskah 2022 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu, 17 April 2022. ( Foto: Pemprov DKI Jakarta)

JAKARTA-KEMPALAN: INDONESIA merupakan negara dengan karakter masyarakat yang beragam. Sebagai negara heterogen Indonesia memiliki keragaman budaya, ras, suku bangsa, kepercayaan, agama, dan bahasa.

Keragaman itu perlu disatukan dalam sebuah kebersamaan, karena keberagaman menjadi sebuah kekuatan bagi Indonesia.

Jakarta menjadi rumah untuk semua tanpa terkecuali. Lewat program kerja nyata.

Festival Ramadhan dan Festival Telur Paskah 2022 di Jakarta sebagai wujud Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam menghadirkan rasa kesetaraan, persatuan, dan perasaan kebersamaan di Ibu Kota.

Kedua festival keagamaan tersebut bersanding harmoni di satu ruang publik yang sama, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Warga Jakarta dapat melihat indahnya kerukunan antarumat beragama di hutan kota karena dibuka untuk umum tanpa ada batasan siapa saja boleh ikut serta pada perhelatan event tersebut.
Festival Telur Paskah

Pada bagian sisi Barat Lapangan Banteng di gelar Festival Telur Paskah pada Minggu, 17 April 2022. Festival ini merupakan rangkaian acara untuk menyambut Hari Raya Kebangkitan Tuhan atau Hari Paskah bagi umat Kristiani di Ibu Kota Jakarta.

Hari Paskah ini merupakan hari istimewa bagi umat Kristiani dimana pada hari itu menandai bangkitnya Yesus Kristus ke langit pada hari ketiga usai penyaliban. Hal ini menjadi momen yang paling sakral bagi kehidupan Yesus Kristus serta umat Kristiani.

Pada perayaan Paskah tersebut, identik dengan telur hias, coklat dan manisan lainnya.

Perayaan hari Paskah untuk umat Kristiani di ruang publik ini merupakan kali pertama yang diadakan DKI Jakarta. Dibuka untuk umum secara gratis dari jam 10.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Beragam kegiatan hadir untuk menambah semarak perayaan Paskah 2022. Melodi puji-pujian bergema di sisi barat Lapangan Banteng, gelak tawa anak-anak yang berlomba menghias telur dan mencari telur menjadi momen kebahagiaan dan kenangan manis untuk mereka.

Bazaar makanan gratis disediakan atas kolaborasi antara pihak swasta, 12 stand juga disediakan secara gratis oleh panitia yang diperuntukan bagi gereja-gereja ataupun komunitas kristen.

Konsep acara terlihat betul-betul disiapkan dengan baik. Di desain seperti piknik di sebuah hutan kota dengan tenda indian, hiasan bunga, dan rangkaian bendera segitiga warna-warni melintang mengelilingi venue acara, semakin memberikan warna keindahan pada acara tersebut. Ornamen Paskah seperti telur hias pun turut mempercantik venue.

Seluruh umat Kristiani pada hari itu bersukacita, bergembira dan bersama-sama merayakan hari kelahiran kembali seperti umat yang baru.

Festival Ramadhan

Di sisi Timur pun umat Islam di Jakarta yang saat ini sedang menjalani ibadah bulan suci Ramadhan 1443 H turut merayakan festival di Jakarta yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI.

Ramadhan tahun ini dirasakan oleh umat Muslim di Jakarta menjadi Ramadhan yang kembali hidup dan penuh keceriaan, karena sudah dua tahun umat Islam merayakan bulan suci Ramadhan dengan sunyi. Kegiatan keagaman atau pun acara menyambut bulan suci Ramadhan menggunakan protokol kesehatan yang ketat.

Tradisi mudik di bulan puasa untuk merayakan Lebaran di kampung halaman pun ditiadakan, Namun, Tahun ini Pemprov DKI Jakarta telah melonggarkan aturan tersebut dengan tetap harus melakukan vaksin dosis ketiga terlebih dahulu sebelum melakukan mudik.

Untuk menambah kebahagiaan di bulan suci Ramadhan, Festival Ramadhan di Jakarta di gelar selama 14 hari, mulai 11-24 April 2022 dari pukul 12.00-19.00 WIB.

Kegiatan tersebut melibatkan berbagai kolaborator, seperti Semasa dan Jakpreneur melalui UMKM binaan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta.

Konsep pada festival ini dibuat agar pengunjung duduk bersantai di bawah pohon rindang, merasakan sejuknya angin, dan kicauan burung sembari menikmati rangkaian acara festival dan menanti adzan magrib berkumandang.
Pengunjung festival begitu variatif, dari anak-anak, muda-mudi, orang tua, emak-emak hingga kaum difabel turut hadir di Festival Ramadhan di Jakarta. Terlihat kegembiraan anak-anak berlari ke sana ke mari dan bermain.

Festival tersebut melibatkan sekitar 100 pelaku UMKM dari berbagai bidang usaha, baik kriya, kuliner, produk kreatif dan lainnya. Tampak ada 15 stand sajian makanan untuk berbuka.

Salawat bergema di Lapangan Banteng bergantian setelah acara Festival Telur Paskah 2022 selesai. Kegiatan Ramadhan Talk juga dilakukan setelah berakhirnya perayaan Paskah umat Kristiani.

Dengan adanya sikap toleransi ini pun pengunjung merasa bahagia dan tidak merasa terganggu satu sama lain. Mereka menilai Jakarta kini sudah memberikan ruang kepada seluruh umat beragama.

Cipta, salah satu Pengunjung Festival Ramadhan di Jakarta menuturkan sesama umat beragama perlu menghargai keberagaman agama yang ada di Indonesia.

“Kita memang sebagai negara yang terdiri dari beberapa suku dan agama ya memang harus saling memahami. Walaupun berbeda harus saling menghormati, menghargai agama yang berbeda dengan kita,” tuturnya saat ditemui KBA News di Lapangan Banteng.

Selain itu, Kepala Biro Kerja Sama Daerah Provinsi DKI Jakarta sekaligus Koordinator Acara Festival Telur Paskah 2022, Marulina Dewi menuturkan, kebersamaan keragaman di Jakarta tidak terlepas dari peran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang terus mengusahakan menjaga keberagaman dengan kebersamaan.

Dewi mengatakan, Gubernur Anies Baswedan selalu memastikan keadilan bagi seluruh warganya. Slogan ‘Maju Kotanya, Bahagia Warganya’ dinilai dewi sangat tepat ia pun merasakan kebahagiaan tinggal di Jakarta.

“Merasa bahagia di Jakarta bagaimana kebijakan yang adil itu diperjuangkan Pak Gubernur supaya semua orang merasa setara,” ucapnya kepada KBA News.

Hidup di sebuah negara yang terdiri dari berbagai macam perbedaan membuat kita harus mampu menempatkan diri dan memahami keberagaman dalam bingkai persatuan. (kba)

Editor: Freddy Mutiara

Artikel ini telah dibaca 41 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Pemprov Jatim Raih Penghargaan Provinsi Berkinerja Terbaik Penerapan SPM dari Kemendagri

18 Mei 2022 - 22:40 WIB

Halal Bihalal Warga Kampung, Ketua DPRD Surabaya Angkat Keguyuban dan Gotong Royong

18 Mei 2022 - 22:04 WIB

Anies Jalin Kesepakatan Pembangunan Perkotaan Berkelanjutan dengan Berlin

18 Mei 2022 - 19:06 WIB

PPDB SMPN Surabaya Dimulai, Simak Tahapan dan Cara Pendaftarannya!

18 Mei 2022 - 18:53 WIB

Macron Desak Israel untuk Investigasi terkait Pembunuhan Shireen Abu Akleh

18 Mei 2022 - 12:28 WIB

Shireen Abu Akleh-Tempo

Peci Terdakwa Disoal Jaksa Agung, sebagai Trik Kuno

18 Mei 2022 - 12:05 WIB

Trending di kempalanalisis