Lima Negara Besar Dunia Janji cegah Penyebaran Senjata Nuklir

waktu baca 2 menit
Lima Negara Besar Dunia-MyLoview

KEMPALAN: Lima negara besar dunia yang memiliki nuklir telah berjanji untuk menghentikan penyebaran senjata nuklir serta memastikan bahwa tidak akan pernah terjadi perang nuklir. Perjanjian tersebut terjadi di Persetujuan Bersama dalam rangka akan diadakannya Traktat Nuklir yang akan dilakukan pada tahun ini.

Dalam pernyataannya pada Senin (3/1), disebutkan bahwa AS, Britania Raya, Rusia, Tiongkok dan Prancis yang merupakan anggota tetap Dewan Kemanan PBB memiliki peranan dan tanggung jawab utama untuk mencegah adanya perang nuklir serta mengurangi risiko strategis sekaligus memberikan rasa keamanan di seluruh dunia.

“Kami percaya bahwa penyebaran senjata nuklir di masa depan harus dicegah. Perang nuklir tidak harus dimenangkan dan tidak harus terjadi” isi Persetujuan Bersama tersebut.

Kemudian dalam Persetujuan Bersama dalam Bahasa Rusia, ditemukan tambahan kalimat penjelas yang mengatakan bahwa “Tidak ada pemenang dari adanya perang nuklir, kemudian juga peperangan tersebut tidak harus dimulai”.

“Penggunaan persenjataan nuklir telah mencapai konseksuensi yang sangat jauh. Kami juga mengonfirmasi bahwa senjata nuklir – selama mereka ada—maka harus digunakan untuk pertahanan dari adanya agresi dan pencegahan perang” isi tambahan di Bahasa Rusia.

Pada saat ini, terjadi tensi yang tinggi dari Rusia dengan negara Barat dikarenakan permasalahan Ukraina.

Namun, disebutkan oleh Menteri Luar Negeri Rusia bahwa perjanjian dan pertemuan yang sejenis menjadi sangat penting dan “Dibutuhkan”.

Prancis juga mengatakan bahwa pihaknya akan melanjutkan serangkaian tindakan bilateral dan multilateral untuk mengontrol persenjataan nuklir.

Tiongkok kemudian memberikan kepastian bahwa pihaknya akan “Meningkatkan Kepercayaan Bersama” dan akan mengurangi risiko konflik nuklir.

(Aljazeera, Muhamad Nurilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *