Menu

Mode Gelap

Kempalpagi · 17 Nov 2021 08:38 WIB ·

Rossi, Ahok, dan Wayang


					Rossi, Ahok, dan Wayang Perbesar

KEMPALAN: Akhir pekan ini, Ahad (14/11) menjadi momen penting bagi penggemar balapan. Di Sirkuit Valencia, Spanyol, Valentino Rossi, pebalap motor legendaris dunia asal Italia, mengikuti balapan terakhir dalam karirnya yang cemerlang. Rossi pensiun dari dunia balap MotoGP yang sudah memberinya Sembilan gelar juara dunia.

Dua hari sebelumnya, Jumat (12/11) masyarakat pecinta balapan di Indonesia menyaksikan Presiden Jokowi menjajal Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang bakal menjadi venue balapan World Superbike (WSBK) 19-21 November. Kalau even ini sukses, Mandalika akan berkesempatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Gran Prix MotoGP pada 2022.

Di antara dua even itu, Sabtu (13/11) terjadi kebakaran kilang minyak milik Pertamina di Balongan, Cilacap. Kebakaran ini mendapatkan liputan luas di media karena kilang Cilacap merupakan depo pusat penyimpanan minyak untuk melayani kebutuhan nasional. Kebakaran ini juga bukan kali pertama terjadi. Sudah beberapa kali kilang minyak Balongan menjadi sasaran kebakaran.

Apa hubungan Rossi, Mandalika, dan kilang minyak Pertamina? Tidak ada hubungan langsung. Tetapi, kalau Anda percaya bahwa satu even kecil di satu sudut dunia akan memengaruhi kejadian di belahan dunia yang lain, maka ketiga even itu boleh saja dikait-kaitkan.

Kebakaran kilang minyak menjadi sorotan publik terutama karena tata kelola Pertamina yang dianggap masih belum sepenuhnya profesional dan belum memenuhi ekspektasi publik. Pertamina adalah BUMN migas paling mentereng di republik ini. Tetapi, prestasinya masih belum kunjung mentereng, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Presiden Jokowi sudah menugaskan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjadi komisaris utama Pertamina sebagai upaya mendongkrak kinerja Pertamina. Ahok yang selama ini dikenal suka gebrak-gebrak meja, sudah melakukan banyak gebrakan. Tapi, Ahok masih punya seabrek PR yang harus digarap supaya kinerja Pertamina bisa moncer.

Artikel ini telah dibaca 42 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Preman

28 November 2021 - 09:25 WIB

Toilet

27 November 2021 - 09:14 WIB

Sapujagat

26 November 2021 - 09:31 WIB

Presiden Satu Jam

25 November 2021 - 08:42 WIB

‘’Nerror’’ di Istana

24 November 2021 - 09:07 WIB

Lockdown (Lagi)

23 November 2021 - 09:13 WIB

Trending di Kempalpagi