Mengenang Oscar Wilde, Sastrawan Cemerlang asal Irlandia

waktu baca 3 menit
Oscar Wilde.

“No good deed goes unpunished”

DUBLIN-KEMPALAN: Membaca karya sastra dunia akan kurang pas apabila belum menyelami halaman-halaman buku The Picture of Dorian Gray, sebuah mahakarya penulis kelahiran Dublin, Oscar Wilde. Namun buku tersebut adalah satu-satunya novel yang pernah ia tulis sepanjang hidupnya.

Oscar lebih fokus pada puisi dan cerita pendek. Salah satu karyanya yang mampu membuat penulis menjadi haru-biru ketika membaca adalah Pangeran Bahagia, cerpen yang akan mengajarkan kepada para pembacanya bahwa kebahagiaan adalah ketika kita bermanfaat bagi orang lain.

Sastrawan Irlandia ini lahir dari keluarga berada, bapaknya Sir William Wilde adalah dokter bedah sementara ibunya adalah Jane Francesca Elgee yang juga merupakan penulis di bidang folklor dan mitos dunia Keltik dengan nama pena “Speranza”.

Semasa mudanya, Wilde mendapatkan pendidikan kelas atas yang mengantarkannya ke Trinity College di Dublin dan Magdalen College di Oxford. Melalui syairnya, Ravenna, ia memenangkan Newdigate Prize pada tahun 1878.

Ketika berkuliah di Trinity College, ia mendapatkan Royal School Scholarship dan juga Foundation Scholarship pada tahun 1874 serta mendapatkan Berkeley Fold Medal for Greek. Karena kemampuannya, ia pun mendapatkan beasiswa Demyship untuk lanjut ke Magdalen College.

Pada akhir tahun 1881, Wilde pernah berkunjung ke New York, Amerika Serikat untuk memberikan kuliah tentang estetika, bidang yang ia geluti selama di Inggris. Dalam perjalanannya di Amerika Serikat ini ia mempersiapkan naskah dramanya “Vera”.

Pertengahan 1884…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *