Menu

Mode Gelap

kempalanmanca · 14 Okt 2021 20:05 WIB ·

Demo Besar-besaran di Polandia karena isu Polexit


					Polexit-BBC Perbesar

Polexit-BBC

WARSAWA-KEMPALAN: Demonstrasi lebih di 100 kota di Polandia terjadi karena adanya isu Polexit; sebuah upaya Polandia untuk keluar dari Uni Eropa. Lebih dari 100,000 orang dikabarkan ikut dalam demonstrasi besar-besaran tersebut untuk mencoba menolak adanya kebijakan tersebut.

Demo besar-besaran terjadi setelah Mahkamah Konstitusional memberikan kebijakannya pada Kamis silam bahwa banyak dari hukum-hukum Uni Eropa yang tidak sesuai dengan konstitusi Polandia yang dianggap sebagai pilar utama negaranya.

Hal ini menjadi pertama kalinya tensi yang tinggi antara Uni Eropa dengan Polandia yang pada saat ini sedang dipimpin oleh partai Sayap Kanan yaitu PiS Party yang telah memerintah sejak tahun 2015.

Menurut pengakuan dari penggerak massa, diperkirakan lebih dari 100,000 orang yang tersebar di 100 kota di Polandia melakukan demo besar-besaran. Warsawa menjadi tempat dengan jumlah demonstran terbanyak.

Narasi yang dibawa dalam demonstrasi adalah “We Are Staying” sembari mengibarkan bendera Polandia dan bendera Uni Eropa.

Dalam demonstrasi tersebut, polisi di Warsawa menangkap empat orang yang diantaranya adalah keponakan dari Perdana Menteri Polandia.

Melansir dari Aljazeera, terdapat beberapa demonstran yang mengatakan bahwa PiS merusak mimpi dan masa depan Polandia di Eropa.

“Kami mengetahui mengapa mereka menginginkan untuk keluar dari Uni Eropa—yaitu supaya mereka bisa melanggar demokrasi” ucap salah satu demonstran, mengutip dari Aljazeera.

“Tidak ada yang dapat menyangka adanya Brexit yang menjadi fakta. Hal tersebut juga bisa terjadi disini” ucap protester lainnya, merujuk kepada adanya Polexit.

(Aljazeera, Muhamad Nurilham)

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Presiden Korea Selatan Janji untuk Ciptakan Perdamaian dengan Korea Utara

25 Oktober 2021 - 18:43 WIB

Moon Jae-in-VOA

Badan PBB Perkirakan lebih dari Setengah Juta Warga Afghanistan akan Hadapi Krisis Makanan Akut

25 Oktober 2021 - 17:01 WIB

Ilustrasi Krisis di Afghanistan-HRC

Putin: Keberadaan Militer NATO di Ukraina Merupakan Ancaman

25 Oktober 2021 - 15:49 WIB

Putin-CaspianNews

Israel akan Dirikan 1300 Rumah Baru di West Bank, Palestina dan Yordania serta Aktivis Tidak Senang

25 Oktober 2021 - 14:06 WIB

Ilustrasi West Bank-BBC

Biden Menjadi Presiden AS Paling Buruk semenjak Perang Dunia II

25 Oktober 2021 - 13:08 WIB

Joe Biden-DW

Austria akan Legalkan Hukum untuk Bunuh Diri yang Dibantu

25 Oktober 2021 - 01:42 WIB

Ilustrasi Austria-GlobalTimes
Trending di kempalanmanca