Kota Surabaya

Berbagai Stakeholder Beri Bantuan Penanganan Covid-19

  • Whatsapp

SURABAYA-KEMPALAN: Berbagai stakeholder dan elemen masyarakat menjawab dan merespon panggilan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang didengungkan melalui gerakan “Surabaya Memanggil”. Sebagian berbondong-bondong menjadi relawan Surabaya Memanggil. Sementara yang lain, utamanya para pengusaha, memberikan bantuan dalam berbagai bentuk.

Partisipasi masyarakat itu terlihat di Balai Kota Surabaya pada hari Rabu (21/7). Mereka berbondong-bondong memberikan bantuan ke Pemkot Surabaya.


Setidaknya ada tujuh bantuan untuk penanganan Covid-19 yang diterima langsung oleh Eri Cahyadi di halaman Balai Kota Surabaya.

Bantuan itu antara lain berasal dari Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Surabaya yang memberikan bantuan berupa 1.000 baju hazmat, 1.000 kantong jenazah, 1.000 sarung tangan, 7.500 masker medis, dan 250 buah face shield, serta 100 liter hand sanitizer.

Ada juga dari Yayasan Paliatif Surabaya yang menyerahkan bantuan berupa 720 kotak masker medis, 400 buah sarung bantal, 400 buah sprei, 200 buah bantal, 140 kotak nurse cap, dan 40 dus air mineral ukuran 600ml. Kemudian, PT Kalbe Farma yang memberikan bantuan berupa 1.000 kotak vitamin, 50 liter hand sanitizer, dan 200 botol hand sanitizer semprot.

Sedang PT Pompa Dex Indoguna memberikan 37.200 masker. Kemudian McDonald’s menyumbangkan 44.000 masker, Kemensos menyumbang 30 bed, dan PT Jawa Pos bersama Yayasan Pelangi Hidup Bersama (YPHB) juga berupa memberikan bantuan ke Pemkot Surabaya.

Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, bantuan tersebut sangat bermanfaat untuk meringankan beban pemkot dan masyarakat Surabaya dalam menghadapi pandemi ini. Ia yakin, kehadiran dan dukungan dari para stakeholder kepada pemkot sangat berharga untuk membantu menangani pandemi Covid-19.

“Bantuan dari teman-teman semuanya, Insya Allah sangat berarti. Ini akan sangat membantu penanganan pandemi Covid-19 di Kota Surabaya. Bantuan ini akan kita salurkan ke tenaga medis, relawan, dan warga Surabaya yang terdampak,” kata Eri Cahyadi.

Untuk itu, Eri megucapkan terima kasih atas seluruh bantuan yang diberikan. Ia mengaku sangat bangga kepada warga Surabaya yang hingga saat ini masih terus berjuang melawan pandemi Covid-19 secara gotong-royong.

Menurutnya, bantuan yang diberikan oleh warga Surabaya tidak selalu secara langsung diserahkan ke pemkot.  Ia mencontohkan, banyak warga yang memberikan bantuan berupa makanan gratis. Bantuan tersebut diberikan langsung ke tempat-tempat atau RW yang warganya sedang isolasi mandiri.

“Dari lubuk hati yang paling dalam, saya ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh warga Surabaya. Saya yakin, dengan doa dan gotong royong warga Surabaya akan dapat segera menghentikan penyebaran Covid-19 di Kota Surabaya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KADIN Surabaya Muhammad Ali Affandi mengatakan, KADIN akan mendukung Pemkot Surabaya dalam menanggulangi pandemi Covid-19. Menurutnya, meskipun bantuan yang mereka berikan tidak seberapa dibandingkan perjuangan tenaga kesehatan dan warga Surabaya di masa pandemi ini, namun ia berharap dengan bergotong-royong Surabaya diyakini bisa menangani pandemi Covid-19.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada wali kota, seluruh jajaran di lini terdepan, warga Surabaya,  dan tenaga kesehatan. Ini ada bantuan sedikit, tidak sebanding dengan apa yang mereka sudah perjuangkan. Ini untuk menjawab dan merespon panggilan yang disampaikan Pak Wali Kota melalui Surabaya memanggil,” kata Ali.

Pengurus Yayasan Paliatif Kota Surabaya Edwin Hendriadi yang turut memberikan bantuan mengungkapkan bahwa ini merupakan bantuan yang kedua kalinya diberikan ke Pemkot Surabaya. Sebelumnya, mereka telah memberikan bantuan saat awal masa pandemi. “Kita berharap ekonomi bisa bergerak kembali dan yang terpenting adalah masyarakat Surabaya bisa selalu sehat,” ungkapnya.

Sedang Area Activation Surabaya PT Kalbe Farma Wawan Sulistyo mengatakan,  bantuan yang diberikan merupakan bantuan untuk penanganan dan pencegahan Covid-19. Ia berharap melalui bantuan tersebut dapat membantu warga Surabaya yang terkonfirmasi positif Covid-19 agar segera sembuh.

“Semoga dapat membantu warga Surabaya yang positif Covid-19 agar segera pulih,” harapnya. (Dwi Arifin)

Berita Terkait