Obituari

Ulama Pelopor Pemberdayaan Ekonomi, KH Ahmad Nawawi Abdul Jalil Wafat

  • Whatsapp
KH Ahmad Nawawi Abdul Jalil

PASURUAN-KEMPALAN: Warga Pasuruan telah kehilangan salah satu ulama besarnya, KH Ahmad Nawawi Abdul Jalil Rais sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri Kabupaten Pasuruan. Ulama karismatik ini berpulang ke Rahmatullah, Minggu (13/6), sekitar pukul 16.40 WIB di Rumah Sakit Lavalette Malang. Sebelumnya, almarhum Kyai Nawawi sempat dirawat di rumah sakit tersebut selama beberapa hari.

Almarhum Kyai Nawawi merupakan pengasuh ke-12 di Pondok Pesantren (Ponpes) Sidogiri. Ponpes ini telah berdiri sejak tahun 1718 M. Kyai Nawawi menggantikan posisi ayahnya, KH Abdul Alim Abdul Jalil yang wafat tahun 2005.

Semasa hidupnya, KH Nawawi juga merupakan salah satu Mustasyar PBNU. Pada Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama di Jombang, Jawa Timur, telah terpilih sembilan kyai, salah satunya KH Nawawi, untuk menjadi anggota Ahlul Halli wal ‘Aqdi (AHWA). Sembilan kiai yang menjadi tim AHWA ini kelak memilih rais aam PBNU periode 2015-2020 dengan cara musyawarah.

Salah satu terobosan Kyai Nawawi di bidang ekonomi guna mengembangkan potensi ekonomi muslim adalah melalui pendirian BMT-BMT dan Minimarket Syariah ‘Basmalah’. Terobosan ini telah berhasil menggulirkan sejumlah produk yang telah beredar di pasaran, seperti minuman air kemasan merek ‘Santri’.

Di antara kebiasaan KH Nawawi dalam berkorespondensi pada rekan sejawat kyai ataupun dengan alumni adalah menggunakan huruf Arab pegon (huruf arab tanpa harakah).

Pihak keluarga dan juga Ikatan Alumni Santri Sidogiri mengeluarkan edaran agar para pentakziah tidak hadir dalam pemakaman Kyai khos (Kyai sepuh) demi menghindari klaster COVID-19. Hal ini juga dilakukan sekaligus sebagai upaya keluarga dan alumni mematuhi protokol kesehatan.

Keluarga besar pondok pesantren Sidogiri juga meminta agar para pentakziah melakukan Shalat Ghaib serta mendoakan almarhum KH Nawawi di mushola atau masjid setempat, tanpa perlu datang ke Pondok Pesantren. (roslinormansyah)

Berita Terkait