Euro 2020

Preview Grup D: Mampukah Kroasia Mengulangi Kesuksesan di Piala Dunia 2018?

  • Whatsapp
Gelandang Kroasia, Luka Modric

KEMPALAN: Kroasia tampil luar biasa di Piala Dunia 2018 dengan berhasil melaju hingga babak Final. Luka Modric menjadi pemain kunci dalam penampilan luar biasa itu.

Namun, dengan usianya yang telah mencapai 35 tahun, gelandang Real Madrid ini telah berada dalam masa akhir karirnya sebagai pemain sepak bola. Mampukah Modric kembali membawa Kroasia ke kejayaan?

A PELATIH

Zlatko Dalic: Manajer berusia 54 tahun ini memimpin sejak periode 2017 setelah sukses menjadi pelatih di Timur Tengah. Dia berhasil membawa kroasia lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia meski harus berjuang melalui babak play-off. Tidak hanya itu Dalic juga berhasil membawa Kroasia melaju hingga ke final sebelum kalah dari Prancis.

Namun, Kroasia sedang mengalami kemunduran akhir-akhir ini. Tim berjuluk Vatreni itu hanya meraih dua kemenangan dalam delapan pertandingan sejak Oktober tahun lalu, Dalic hanya bisa berharap rekor buruk ini tidak terulang kembali di Euro.

B PERFORMA TIM

Runner-up Piala Dunia 2018 ini mengalahkan Wales, Slovakia, dan Hungaria untuk memuncaki grup paling kompetitif di babak kualifikasi. Namun, raihan 17 poin mereka adalah yang terendah dari 10 juara grup lainnya.

Kekhawatiran yang lebih besar adalah soal rekor buruk mereka di kandang lawan, hanya memenangkan satu pertandingan tandang. Kroasia juga merupakan satu-satunya tim yang kehilangan poin melawan Azerbaijan.

C KOMPOSISI TIM

Goalkeepers: Dominik Livaković (Dinamo Zagreb), Lovre Kalinić (Hajduk Split), Simon Sluga (Luton).

Defenders: Šime Vrsaljko (Atlético Madrid), Borna Barišić (Rangers), Duje Ćaleta-Car (Marseille), Dejan Lovren (Zenit), Josip Juranović (Legia Warsaw), Domagoj Vida (Beşiktaş), Joško Gvardiol (Leipzig), Domagoj Bradarić (Lille), Mile Škorić (Osijek).

Midfielders: Mateo Kovačić (Chelsea), Luka Modrić (Real Madrid), Marcelo Brozović (Inter Milan), Milan Badelj (Genoa), Nikola Vlašić (CSKA Moscow), Mario Pašalić (Atalanta), Ivan Perišić (Inter Milan), Josip Brekalo (Wolfsburg), Mislav Oršić (Dinamo Zagreb), Luka Ivanušec (Dinamo Zagreb).

Forwards: Ante Rebić (AC Milan), Bruno Petković (Dinamo Zagreb), Ante Budimir (Osasuna), Andrej Kramarić (Hoffenheim).

D PEMAIN KUNCI

Luka Modric: Dengan usianya yang telah mencapai 35 tahun, gelandang Real Madrid ini telah berada dalam masa senja karirnya, namun peraih Ballon d’Or 2018 itu masih bisa memberikan umpan dengan baik. Kakinya tetap cepat dan penglihatannya tidak terhalang oleh berlalunya waktu.

Meski ada Nikola Vlasic, bintang yang sedang naik daun di tim Kroasia, tetapi Modric masih memegang kunci permainan Kroasia.

Menghadapi Inggris di pertandingan pembuka bisa menguntungkan Kroasia mengingat masalah cedera yang dialami tim Gareth Southgate baru-baru ini dan Modric pasti akan menghukum tanda-tanda kerentanan itu.

E BEST EURO FINISH

Perempatfinal (1996, 2008). (Sky Sports, Edwin Fatahuddin)

Berita Terkait