Euro 2020

Portugal Menang, Hajar Israel 4-0

  • Whatsapp
Ronaldo merayakan golnya ke gawang Israel

LISBON-KEMPALAN: Portugal sukses raih kemenangan usai menghajar Israel dengan skor telak 4-0.

Laga uji coba jelang Euro 2020 itu, tersaji di Estadio Jose Alvalade, Kamis (10/6) dini hari WIB.

Portugal tampil menyerang dengan memasang Cristiano Ronaldo, Diogo Jota, dan Bernardo Silva di lini serang.

Hasilnya, pada menit pertama babak pertama, Portugal sudah memiliki peluang berbahaya. Ronaldo, yang mendapat bola sodoran dari Jota, melepas tembakan yang masih mudah diamankan Ofir Marciano.

Pada menit ke-10, giliran Jota yang mengancam, dia muncul dari belakang usai menerima umpan Bernardo, namun gagal mengarahkan bola sehingga bola melayang di atas mistar.

Jota kembali mendapatkan peluang di menit ke-15, striker asal Liverpool itu berhasil menyambut umpan silang dengan kepalanya, tapi gagal mengarahkan bola ke gawang.

Pada menit ke-36, Portugal kembali mendapatkan peluang, berawal dari umpan silang Fernandes ke tiang jauh, Ronaldo berhasil menyambut dengan sepakan kaki kiri, sayang kiper Israel Marciano dengan sigap menepisnya.

Portugal akhirnya mampu memecah kebuntuan di menit ke-42, berawal dari serangan cepat dari sisi kanan, Cancelo berhasil menerima umpan terobosan usai mengejarnya hingga dekat tepi lapangan.

Cancelo kemudian mengirim umpan tarik yang diselesaikan sepakan mendatar Fernandes ke pojok kanan gawang. Gol, Portugal memimpin 1-0.

Hanya berselang dua menit, Portugal sudah bisa mencetak gol keduanya. Kali inu Giliran Fernandes yang membuat assist.

Berawal dari situasi serangan balik. William Carvalho, yang berhasil merebut bola, mengirim umpan kepada Fernandes yang berlari sampai kotak penalti.

Ronaldo yang muncul dari sisi kiri lantas mendapat bola dari Fernandes, untuk dituntaskan dengan tembakan keras melewati sela kaki kiper. Gol, Portugal unggul 2-0.

Tak ada tambahan gol hingga babak pertama usai, skor 2-0 untuk keunggulan Portugal tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Portugal langsung mengancam di menit ke-49. Crossing Cancelo nyaris menemui Andre Silva, yang masuk menggantikan Diogo Jota, namun bola malah mengenai kaki Orel Dgani.

Pada menit ke-59, Portugal kembali mendapat peluang untuk membuat gol. Cancelo mengirimkan umpan terobosan kepada Bernardo yang berlari di sisi kanan.

Dia tinggal berhadapan dengan kiper Marciano, namun malah mau men-chip bola hingga bisa ditepis Marciano.

Jelang akhir pertandingan, tepatnya pada menit ke 86, Portugal akhirnya mampu mencetak gol ketiganya.

Gol lahir dari aksi Cancelo yang menusuk di sisi kiri kotak penalti Israel. Dia mengecoh satu pemain dan dengan mantap menembak bola ke tiang jauh gawang Israel. Gol, Portugal unggul 3-0.

Fernandes menutup pesta gol Portugal dengan mencetak gol keempat di masa injury time, sepakan kerasnya dari tepi kotak penalti mengarah tepat ke pojok atas gawang.

Usai pertandingan ini, Portugal akan memulai kampanye Euro 2020 mereka di Budapest dengan Hungaria pada 15 Juni. (Sky Sports, Edwin Fatahuddin)

Berita Terkait