Teknologi

AMD Perkenalkan FidelityFX Super Resolution (FSR), Apakah Bisa Kalahkan Nvidia?

  • Whatsapp
AMD FidelityFX Super Resolution (FSR)

JAKARTA-KEMPALAN: Advanced Micro Devices atau yang disingkat sebagai AMD, merupakan perusahaan semikonduktor multinasional asal negeri Paman Sam yang fokus pada pengembangan prosesor komputer. Tidak hanya itu, AMD juga diketahui mengembangkan berbagai teknologi terkait dalam sektor bisnis dan pasar konsumen.

AMD yang dulunya menjadi “underdog” dalam konstelasi persaingan teknologi, kini menjelma sebagai pabrikan yang memiliki teknologi paling kencang dan efisien namun dengan harga jual yang terkesan affordable. Brand Intel hingga Nvidia seakan geram melihat manuver teknologi yang dilakukan oleh AMD dan faktanya cukup berhasil.

Dalam acara bertajuk Computex Taipei 2021, AMD merilis teknologi inovatif bernama AMD FidelityFX Super Resolution (FSR). Perilisan ini tentu bertujuan secara implisit untuk menghajar habis teknologi serupa yang dirilis oleh Nvidia bernama Deep Learning Super Sampling (DSS).

Teknologi ini akan menunjang pengalaman dalam bermain game dengan resolusi tinggi hingga ukuran 4K dengan cara upscalling. Efek ini akan membuat kualitas grafis lebih tinggi dan memanjakan mata para pengguna.

AMD memang tidak menggunakan teknologi artificial intelligence seperti milik Nvidia DLSS, namun AMD FidelityFX Super Resolution dapat memberikan frame rate tiga kali lebih tinggi dari milik Nvidia. AMD menyediakan dukungan teknologi AMD FidelityFX Super Resolution dengan konsep open source dan bisa mendukung semua kartu grafis AMD Radeon termasuk GPU terintegrasi di prosesor AMD.

Di pertengahan bulan Juni, AMD akan menyematkan teknologi ini di beberapa serinya, seperti AMD Radeon RX 6000 Series dan AMD Radeon RX 5000 Series. Yang cukup efisien, para brand pembuat game hanya perlu menambahkan coding game tanpa harus menjalin kemitraan khusus dengan pihak AMD.

AMD memberikan klaim, bahwa ada beberapa game yang mengadopsi teknologi ini. Kemampuan ini masih akan hadir di PC, belum sampai ke Xbox Series X maupun PS5 yang diketahui menggunakan GPU dari AMD. (Rafi Aufa Mawardi)

Berita Terkait