Teknologi

Apple Luncurkan Fitur “Mode Do Not Disturb” di IOS 15, Apa Kegunaannya?

  • Whatsapp
Ilustrasi IOS 15.

JAKARTA-KEMPALAN: Sebagai pabrikan teknologi terbesar di dunia, Apple tentu banyak menciptakan produk-produk teknologi yang canggih dan relevan akan zaman yang serba cepat ini. Apple dinilai sebagai sebuah perusahaan teknologi yang banyak mendongkrak berbagai inovasi.

Misalnya dari segi produknya, dimana Apple banyak mengeluarkan produk-produk yang kaya akan fitur-fitur canggih. Seperti pada saat Steve Jobs memperkenalkan ponsel dengan seri Iphone. Disaat pabrikan kompetitor masih konsisten menggarap ponsel dengan model “mainstream”, Apple memilih untuk mengeluarkan sebuah ponsel dengan hanya menyisakan satu tombol saja dan tentunya sudah menggunakan teknologi layar sentuh (touchscreen).

BACA JUGA

Selain itu yang unik, Apple juga memiliki sistem operasinya sendiri yang bernama Iphone OS (IOS). Sistem IOS tidak hanya disematkan dalam produk Iphone saja, namun juga di produk lain seperti Ipad dan Ipod.

User interface dari sistem IOS berangkat dari manipulasi langsung, dengan menggunakan multi-touch. Elemen kontrol terdiri dari bilah geser, panel beranda, dan satu tombol untuk seri Iphone 1 hingga 8 dan tanpa tombol untuk seri Iphone X keatas.

Baru-baru ini, Apple diketahui merilis fitur Mode Do Not Disturb atau yang dapat dipahami sebagai sebuah fitur yang bertujuan untuk mengingkatkan fokus pengguna pada saat tertentu dan juga melakukan blokir yang dapat mengganggu konsentrasi.

Fitur ini diperkenalkan pada saat perhelatan Worldwide Developers Conference, yang mana menampilkan berbagai produk dan informasi terbaru mengenai teknologi Apple terbaru. Salah satu yang menjadi sorotan adalah fitur Mode Do Not Disturb yang memiliki fungsi menarik.

Dalam tampilan secara visual, Apple akan menyematkan foto pada kontak yang akan muncul di samping pemberitahuan terkait bersama dengan ikon yang lebih lebar dari notifikasi otomatis. Sehingga pengguna tidak perlu untuk kesulitan dalam mengetahui siapa yang mengirimi pesan.

Selain fitur ini, dalam acara tersebut, Apple juga banyak mengembangkan beberapa fitur dalam bingkai Focus. Seperti fitur Work Mode in Focus, Personal Mode, dan Sleep. Menarik untuk menunggu update terbaru dari IOS 15 ini. (Rafi Aufa Mawardi)

Berita Terkait