Afghanistan

Taliban: Keamanan Diplomat adalah Tanggung Jawab Kami

  • Whatsapp
Sher Mohammad Abbas Stanikzai, Wakil Kepala Kantor Urusan Politik Emirat Islam Afghanistan.

BRUSSEL-KEMPALAN: Pada Minggu (6/6) sore, delegasi Emirat Islam Afghanistan (Taliban) yang dipimpin Sher Mohammad Abbas Stanikzai, Wakil Kepala Kantor Urusan Politik Emirat Islam Afghanistan bertemu dengan Thomas Nicholson, Perwakilan Khusus Uni Eropa di Afghanistan yang baru bersama delegasi yang menemaninya.

M. Naeem, juru bicara Kantor Urusan Politik Taliban menyampaikan, pertemuan antara keduanya sebagai “jalan yang baik untuk memperkuat hubungan antara Emirat Islam dengan Uni Eropa.”

Ia menambahkan pertemuan itu memfokuskan pada proses perdamaian yang sedang berjalan, penarikan pasukan asing, bantuan kemanusiaan dari Uni Eropa, dan keamanan atas diplomat dan pekerja kemanusiaan.

“Perwakilan Emirat Islam menegaskan kembali keamanan dari diplomat dan pekerja kemanusiaan, serta mengungkapkan bahwa keamanan dan pengawasan dari lingkungan yang aman untuk mereka adalah bagian dari kepentingan nasional kami dan tanggung jawab kami,” ujar Naeem dalam cuitan di akun Twitter-nya.

Sampai sekarang, terus berjalan upaya menindaklanjuti Perjanjian Doha 2020 antara Taliban dan Pemerintah Amerika Serikat agar bisa berlanjut kepada perundingan intra-Afghanistan untuk menyelesaikan konflik lebih dari tiga dasawarsa tahun di negara tersebut.

Proses penarikan pasukan asing di Afghanistan juga sedang berjalan, namun dibarengi dengan peningkatan konflik antara Taliban dan Pemerintah Afghanistan. (reza m hikam)

Berita Terkait