Euro 2020

Preview Grup B: Mampukah Eriksen Membawa Denmark Lolos dari Fase Grup?

  • Whatsapp
Gelandang Tengah Denmark, Christian Eriksen

KEMPALAN: Christian Eriksen ikut berperan besar dalam kesuksesan Inter meraih Scudetto pada musim ini. Meski sempat mengalami kesulitan saat pertama kali pindah ke Inter, namun performa yang ditunjukkan pemain berusia 28 tahun itu mampu membuatnya kembali masuk ke daftar starting nine Antonio Conte saat itu. Mampukan Eriksen membawa kesuksesan yang sama untuk Denmark?

A PELATIH

Kasper Hjulmand – Menikmati kesuksesan dengan klub asal negaranya Nordsjaelland, Hjulmand menjuarai liga Denmark untuk pertama klub pada tahun 2012. Pelatih asal Denmark itu kemudian berpindah san menggantikan Thomas Tuchel di Mainz pada Mei 2014, tetapi dipecat pada Februari di tahun selanjutnya karena tim mendekam di pringkat bawah klasemen.

Kembali ke Nordsjaelland dan melatih selama tiga setengah musim sebelum diumumkan akan menggantikan Age Hareide sebagai manajer tim nasional Denmark setelah Euro 2020 dan karena penundaan turnamen musim panas lalu akibat pandemi Covid-19, Hjulmand jadi memiliki kesempatan untuk memimpin Denmark di turnamen itu sendiri.

B PERFORMA TIM

Denmark tiba dengan penuh percaya diri setelah memenangkan tiga pertandingan di pembukaan kualifikasi Piala Dunia 2022 mereka, mencetak 14 dan tidak satu kalipun kebobolan, tetapi lawan mereka di Grup B berada pada level yang lebih tinggi daripasa Israel, Moldova, dan Austria.

Kasper Schmeichel memiliki pertahanan yang kuat yang dipimpin oleh Andreas Christensen di depannya, sementara Thomas Delaney dan Pierre-Emile Hojbjerg membentuk kemitraan lini tengah yang solid. Denmark juga berhasil memberikan kekalahan kandang pertama untuk Inggris dalam 50 pertandingan internasional terakhir mereka saat mereka menang di Wembley pada bulan Oktober.

C KOMPOSISI TIM

Penjaga Gawang: Kasper Schmeichel (Leicester), Jonas Lössl (Midtjylland), Frederik Rønnow (Schalke)

Bek: Jens Stryger Larsen (Udinese), Simon Kjær (AC Milan), Andreas Christensen (Chelsea), Joachim Andersen (Fullham), Daniel Wass (Valencia), Mathias Jørgensen (Kopenhagen), Joakim Mæhle (Atalanta), Jannik Vestergaard (Southampton ), Nicolai Boilesen (Kopenhagen)

Gelandang: Mathias Jensen (Brentford), Christian Nørgaard (Brentford), Pierre-Emile Højbjerg (Tottenham), Thomas Delaney (Dortmund), Anders Christiansen (Malmö), Christian Eriksen (Inter Milan), Mikkel Damsgaard (Sampdoria), Robert Skov (Hoffenheim)

Penyerang: Martin Braithwaite (Barcelona), Andreas Cornelius (Parma), Andreas Skov Olsen (Bologna), Yussuf Poulsen (Leipzig), Kasper Dolberg (Nice), Jonas Wind (Kopenhagen)

D PEMAIN KUNCI

Christian Eriksen: Kunci kesuksesan Denmark pada tahun 1992 adalah para pemain yang berpengalaman, dan itu akan membentuk cetak biru yang sama untuk kesuksesan di tahun ini.

Satu hal yang pasti menjadi keuntungan Denmark adalah fakta bahwa ketiga pertandingan grup mereka akan dilaksanakan di Kopenhagen dan di atas kertas ini akan menjadi pertarungan langsung melawan Rusia untuk tempat kedua, dengan perkiraan bahwa Belgia hampir pasti akan ada di posisi pertama.

Ini akan menjadi pertandingan penentuan saat kedua negara bertemu, jadi gambaran jelas tentang siapa yang akan lolos akan diketahui pada 21 Juni. Hjulmand memiliki tim yang kuat, tetapi dia akan mengandalkan Eriksen untuk mengkreasikan serangan. Playmaker Inter Milan itu tampaknya menyimpan penampilan terbaiknya untuk tim nasionalnya, dengan mencetak 36 gol dalam 106 penampilan.

E BEST EURO FINISH

Champions (1992), semifinal (1984). (Sky Sports, Edwin Fatahuddin)

Berita Terkait