Penanganan Pandemi

Klaster Kerja Bakti di Kelapa Dua Tangerang, 63 Warga Positif Covid-19

  • Whatsapp

TANGERANG –KEMPALAN: Sebanyak 63 warga Kelurahan Kelapa Dua, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten, terpapar virus Covid-19. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang Hendra Tarmizi menyatakan, 60 orang di antaranya telah dirawat di Rumah Singgah Yasmin, Curug, Kabupaten Tangerang.

Sedangkan, tiga pasien lainnya menerima perawatan di RS lantaran memiliki keluhan sesak nafas. “(Total) 63 warga dibawa ke Rumah Singgah Yasmin. Ada tiga yang dirawat. Ada keluhan sesak. Dirawat di RS,” sebut Hendra, Minggu (6/6/2021).

Dia menyatakan, pasien tertua di antara 63 orang itu berusia 62 tahun dan pasien termuda berusia 8 tahun. Selain tiga orang yang dirawat di RS, sebutnya, tidak memiliki keluhan atau sakit apa pun. Hendra menambahkan, ke-63 pasien itu merupakan warga dari RT 06, 07, 08, dan 09, di RW 06, Kelurahan Kelapa Dua.

Saat ini, pihaknya menutup atau menerapkan lockdown di antara tiga RT itu. Akibat kerja bakti Menurut Hendra, mulanya warga di RW tersebut melakukan kerja bakti dan sempat makan bersama. Lantas, salah seorang warga merasa sakit dan diperiksa di RS.

Saat dia melakukan skrining tes Covid-19, hasilnya terkonfirmasi positif Covid-19. Jajarannya kemudian melakukan skrining tes Covid-19 kepada ratusan warga lain di empat RT tersebut. “Setelah kami tes swab kepada ratusan warga di empat RT itu, ternyata ditemukan 53 orang yang terpapar Covid-19 dengan kategori orang tanpa gejala,” papar dia.

Pada Kamis (3/6/2021), Satgas Penanganan Covid-19 menerapkan lockdown di RT 07 dan 09. Selang beberapa hari, warga yang positif virus asal China itu bertambah 10 orang hingga total terdapat 63 pasien.

Jajarannya lalu menerapkan lockdown di salah satu RT lain di antara keempat RT tersebut, Minggu, lantaran warga yang positif Covid-19 bertambah. “Bertambah satu RT lagi yang di-lockdown. Saya lupa RT berapa, bisa ditanyakan ke camat. Yang penting ada tiga (RT),” ucap Hendra. (ko)

 

 

Berita Terkait