Turki

Karya Penyair Yunus Emre, Segera Tersedia dalam Bahasa Afrika

  • Whatsapp
Ilustrasi Yunus Emre, penyair ternama dari Turki. (AA)

ANKARA-KEMPALAN: Badan pemerintah Turki yang mempromosikan bahasa dan budaya Turki di seluruh dunia, Yunus Emre Institute (YEE), akan menerjemahkan sejumlah karya penting oleh pemikir dan penyair besar Turki, Yunus Emre ke dalam bahasa Afrika, yang memungkinkan lebih banyak orang untuk memahami karyanya yang penuh teka-teki.

“UNESCO telah mendedikasikan tahun 2021 sebagai Tahun Yunus Emre, jadi kami berencana untuk menerjemahkan beberapa karyanya ke dalam bahasa Zulu dan Xhosa, yang digunakan secara luas di Afrika Selatan, serta bahasa Swahili yang digunakan di banyak negara di benua itu,” ujar Gökhan Kahraman, koordinator Institut Yunus Emre di Johannesburg, kepada Anadolu Agency (AA).

Kahraman mengatakan, lembaga tersebut sedang dalam proses menyelenggarakan konferensi untuk bersama-sama melihat karya penyair Afrika Selatan Es’Kia Mphahlele dan Yunus Emre, yang memiliki nilai-nilai yang sama.

“Dengan konferensi bersama ini, kami akan memiliki kesempatan untuk berbagi dan mempromosikan nilai-nilai kedua negara,” katanya seperti yang dikutip Kempalan dari Yenisefak, seraya menambahkan bahwa ini akan memenuhi salah satu tujuan lembaga, yaitu untuk membawa persahabatan antara rakyat Turki dan Afrika Selatan.

Ia juga mengatakan, mereka akan memperkenalkan permainan panahan Turki klasik di Afrika Selatan sebagai olahraga dan tiga peserta terbaik akan dibawa ke Turki untuk bersaing di antara 200 peserta yang diambil dari 61 pusat budaya Yunus Emre global. (Anadolu Agency/Yenisefak, reza hikam)

Berita Terkait