Kualifikasi Piala Dunia

Indonesia Menahan Imbang Thailand dengan Skor 2-2

  • Whatsapp
Aksi Evan Dimas melewati pemain Thailand

DUBAI-KEMPALAN: Indonesia menahan imbang Thailand dengan skor 2-2 pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Kamis (3/6/2021) pukul 23.45 WIB ini, merupakan laga keenam Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 untuk Indonesia.

Thailand langsung mengancam di menit awal babak pertama. Pada menit ke-4, Pathompong Charoenrattanapirom melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, sayang bola mampu ditepis dan berbuah korner untuk Thailand.

Pada menit ke-5, Kemelut terjadi di kotak penalti Indonesia karena tendangan korner Thailand. Tembakan yang dilepaskan Narubadin Weeratwatnodom pun mampu menembus kerumunan pemain Indonesia. Gol, War Elephant unggul 1-0.

Hingga 10 menit laga berjalan, Skuad Garuda masih kesulitan membongkar pertahanan Thailand. Di sisi lain, tim besutan Akira Nishino terus menekan lewat sisi lapangan.

Pada menit ke-14, Indonesia mulai dapat mengancam. Egy Maulana Vikri melepas umpan terukur kepada Asnawi Mangkualam.

Pemain asal Makassar itu kemudian berhasil masuk ke kotak penalti dan melepas tembakan ke gawang Thailand, sayang tembakannya masih belum menemui sasaran.

Pada menit ke-15, Thailand kembali mengancam lewat sepakan korner. Narubadin, yang berhasil mendapat bola liar, melepas tembakan yang masih melambung di atas gawang Indonesia.

Pada menit ke-32 Pergerakan Witan Sulaeman sempat merepotkan pertahanan Thailand. Dia sukses masuk ke tengah kotak penalti, tapi malah melakukan pelanggaran karena tekelnya ke kiper lawan saat mengejar bola yang lepas kontrol.

Pada menit ke-38, Indonesia akhirnya mampu menyamakan kedudukan. Berawal dari umpan terukur Syahrian Abimanyu ke kotak penalti Thailand. I Kadek Agung, yang muncul tanpa terduga, berhasil memperdaya kiper Siwarak Tedsungnoen dan menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Indonesia tampak lebih bergairah selepas menyamakan skor. Beberapa peluang tercipta, namun tak satupun berbuah gol. Skor seri 1-1 tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Thailand kembali sukses mencetak gol cepat saat babak kedua baru berjalan enam menit. Adisak Kraisorn berhasil mencetak gol dengan memanfaatkan bola umpan sundulan Suphan Thongsong.

Indonesia coba menekan kembali untuk mencari gol penyeimbang. Pada menit ke-54. Ancaman dapat dari bola tembakan Egy, sayang masih melebar di sisi gawang Thailand.

Pada menit ke-60, kerja keras Indonesia akhirnya berbuah gol. Evan Dimas berhasil mencetak gol dengan memanfaatkan bola liar hasil dari tembakan Eky yang diblok lawan. Gol, skor kembali seri 2-2.

Pada menit ke-67, Evan Dimas kembali melakukan penetrasi ke kotak penalti Thailand. Evan berhasil melepaskan tembakan dari sudut sempit, namun bola berhasil dimentahkan Siwarak.

Kedua tim terus saling jual beli serangan di sisa waktu pertandingan, namun tak ada gol tambahan tercipta hingga laga usai. Skor imbang 2-2 menjadi hasil akhir pertandingan.

Hasil imbang ini membuat Thailand tertahan di posisi ketiga Grup G dengan sembilan poin. Uni Emirat Arab (UEA) naik ke posisi kedua dengan sembilan poin setelah mengalahkan Malaysia 2-0. UEA unggul selisih gol dari Thailand.

Sedangkan Malaysia turun dari posisi kedua ke urutan keempat dengan koleksi sembilan poin, kalah selisih gol dari UEA dan Thailand. Indonesia sendiri tetap di dasar klasemen, namun kini berhasil mengoleksi satu poin. (Goal/Detik, Edwin Fatahuddin)

Berita Terkait