Usai Bantai Yordania, STY Makin PD Timnas U-23 Bisa Lolos Sampai Semifinal

waktu baca 2 menit
Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong (*)

JAKARTA-KEMPALAN: Setelah membantai Yordania, Pelatih Timnas U-23 Shin Tae-yong semakin yakin bisa membawa Indonesia lolos ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024. 

Timnas Indonesia U-23 dipastikan lolos ke babak perempatfinal Piala Asia u-23 2024 usai mengalahkan Yordania di laga ketiga Grup A. 

Garuda muda menang telak dengan skor 4-1 saat melawan Yordania di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada Minggu (21/04/2024) malam WIB.

Empat gol kemenangan Indonesia lahir dari brace Marselino Ferdinan yang mencetak gol. Pada menit 23′ dan 70′, kemudian aksi ciamik Witan Sulaeman pada menit 40′, dan sundulan Komang Teguh pada menit ke-86′. 

Tambahan tambah tiga poin ini memastikan pasukan Shin Tae-yong lolos ke babak perempatfinal dengan koleksi enam poin dari tiga pertandingan. Garuda Muda resmi lolos sebagai runner-up Grup A. 

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengaku senang dengan hasil ini terutama karena timnya membuat sejarah dengan lolos ke babak perempatfinal Piala Asia untuk pertama kalinya.

“Pertama saya ucapkan terima kasih untuk para pemain yang sudah berjuang. Kemenangan ini untuk semua pemain dan suporter (Timnas Indonesia),” ujar Shin Tae-yong.

“Dan saat kami membuat sejarah ini dengan para pemain saya, saya sangat senang. Saya ingin berbagi kemenangan ini, tidak hanya kepada para pemain, tetapi kepada semua pihak di PSSI dan juga seluruh suporter di Indonesia,” tambahnya.

STY mengatakan membutuhkan waktu yang lama untuk membentuk skuad Indonesia hingga sekuat sekarang. Sejak ditunjuk menjadi pelatih Timnas, ia mengaku membutuhkan waktu selama empat tahun.

“Butuh waktu empat tahun (untuk membentuk tim). Tapi kemudian dalam empat tahun, dua tahun di mana saya tidak bisa tampil karena jelas ada Corona. Jadi setelah dua tahun berikutnya saya pikir kami sudah mengalami kemajuan sejauh ini,” jelasnya.

Dengan keberhasilan lolos ke babak perempat final, Shin Tae-yong semakin yakin akan memenuhi target awal tim untuk lolos ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024. 

“Jadi di perempat final antara Korea dan Jepang kita belum tahu siapa yang akan kita lawan. Namun, saya akan menonton pertandingannya besok dan kemudian mempersiapkan diri dengan baik,” kata STY

“Ya kami (Timnas Indonesia U-23) punya target ke semifinal di ajang kali ini. Saya memasang target itu karena yakin dengan kualitas tim yang saya miliki.” tambahnya. 

“Saat ini kami sudah mencapai 50 persen dari apa yang kami targetkan. Pada perempatfinal nanti kami belum tahu akan menghadapi Jepang atau Korea Selatan,” lanjut Shin Tae-yong.

(*) Edwin Fatahuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *