Lolos Final Piala FA, Liverpool Ulangi Edisi 2022

waktu baca 2 menit
Selebrasi pemain Liverpool FC setelah lolos ke final Piala Liga. (Foto: This Is Anfield)

LONDON-KEMPALAN: Liverpool FC kembali melangkah ke final Piala FA. Keberhasilan The Reds, julukan LFC, itu didapatkan setelah menahan imbang tuan rumah Fulham FC 1-1 dalam leg kedua semifinal Piala FA di Craven Cottage, London, kandang Fulham.

LFC bahkan sudah unggul saat babak pertama baru berjalan sebelas menit melalui gol Luis Diaz. Sejam kemudian, Issa Diop menyamakan kedudukan dengan golnya pada menit yang ke-77. Dengan hasil ini, LFC unggul gol agregat 3-2 setelah dalam pertemuan pertama di Anfield, Liverpool, menang 2-1.

Kelolosan Virgil van Dijk dkk ke final Piala FA ini mengulangi capaiannya dua musim lalu. Ketika itu, lawannya juga sama seperti lawan yang akan mereka hadapi musim ini, Chelsea. Sehari sebelumnya, Chelsea memastikan tiket ke final Piala FA setelah menghancurkan Middlesbrough FC 6-1.

Final ini persis seperti edisi final Piala FA dua musim lalu. Ketika itu, skuad asuhan Jurgen Klopp harus mengalahkan Chelsea dengan susah payah. LFC harus menuntaskan laga sampai babak adu penalti. Di akhir laga, LFC yang jadi juara setelah memenangi laga dengan skor 6-5 berkat kegagalan Cesar Azpilicueta dan Mason Mount mengeksekusi penalti.

“Fantastis. Kami sudah mengalaminya sebelumnya (melawan Chelsea). Kami tahu apa yang harus kami lakukan. Ini fantastis, sangat fantastis,” sebut Klopp dalam konferensi pers setelah laga. “Menghadapi Chelsea lagi, wow cerita yang sangat mengagumkan,” sambung Kloppo (sapaan akrab Klopp).

Setidaknya, skuad LFC sudah merasakan betapa sulitnya melangkah ke final sekalipun yang dihadapinya baru selevel The Cottagers (julukan Fulham). Menurutnya, di final, Chelsea juga bisa menghadirkan ancaman serupa kepada mereka. Bukan tidak mungkin mengulang kembali drama adu penalti seperti dua musim lalu.

Klopp menyebut, melangkah ke final Piala Liga itu mempunyai tantangan tersendiri. Terutama dalam mengatur fokus persiapan skuad asuhannya. Apalagi final Piala Liga berlangsung di tengah kompetisi. “Sangat sempurna. Wembley tempat yang spesial, aku senang semuanya bisa terlibat dan mereka bisa merasakan pengalaman ini,” tegas Klopp. (YMP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *