Messi Atau Haaland, Ini Jagoan Guardiola Raih Ballon d’Or 2023

waktu baca 2 menit
Pep Guardiola (tengah) di antara Lionel Messi (kiri) dan Erling Haaland (kanan) dalam perebutan award Ballon d'Or 2023. (Foto: Sport Bible)

PARIS-KEMPALAN: Hati Pep Guardiola terbelah sebelum pengumuman pemenang trofi Ballon d’Or 2023, Selasa dini hari WIB (31/10).

BACA JUGA: Pecahkan Rekor, Messi Raih Ballon d’Or ketujuh

Pilihan Pep tersebut terbelah antara Erling Braut Haaland yang notebene penyerangnya di Manchester City, dengan pemain yang dia andalkan semasa masih jadi pelatih di klub FC Barcelona, Lionel Messi.

Haaland dan Messi jadi kandidat terkuat pemenang Ballon d’Or tahun ini. Nama Haaland dan Messi masih di atas ke-28 pemain kandidat peraih Ballon d’Or 2023 lainnya. Seperti Kylian Mbappe, Harry Kane, atau Mo Salah.

Haaland dengan suksesnya membawa The Cityzens (julukan City) memenangi treble di musim lalu. Yaitu juara Liga Primer Inggris, Piala FA, dan Liga Champions. Selain itu, dia juga jadi pemilik Sepatu Emas Eropa dengan koleksi golnya.

Sementara itu, Messi kembali masuk sebagai kandidat terkuat setelah suksesnya dalam Piala Dunia 2022 Qatar lalu. La Pulga (julukan Messi) sukses menyudahi penantian trofi juara Piala Dunia timnas Argentina.

Arti Ballon d’Or kali ini pun juga berbeda antara Haaland dan Messi. Bagi Haaland, gelar ini akan jadi gelar Ballon d’Or pertamanya. Bagi City, Haaland juga bisa jadi pemain yang pertama membawa trofi tersebut ke Etihad Campus (kamp latihan City).

Di atas kertas, Pep tentunya menjagokan Haaland sebagai salah satu pemain asuhannya di City saat ini. ’’Dua-duanya (Haaland dan Messi) layak mendapatkannya,’’ sebut Pep, di dalam wawancaranya dengan surat kabar Manchester Evening News.

’’Secara realistis, aku tentunya menginginkan Haaland yang jadi pemenangnya sebab dia sudah membantu kami mencapai apa yang kami capai musim lalu (treble winners), aku menyukainya. Tapi, Messi memenangi Piala Dunia,’’ sambung Pep.

Kepada surat kabar France Football selaku penyelenggara award tersebut, Haaland juga konfiden dengan peluangnya menyaingi Messi. Sekaligus menjegal langkah Messi untuk merebut gelar itu untuk kali kedelapan.

’’Apakah aku akan jadi yang terbaik? Mungkin saja. Aku tahu aku masih dapat mencapai itu di masa-masa mendatang. Aku masih muda. Tetapi, ya, aku yakin bisa mencapainya di tahun ini,’’ klaim Haaland. Siapa yang akan jadi pemenang? Tunggu jawabannya dini hari nanti. (YMP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *