STY Tak Sepakat soal Indonesia Dibantu Vietnam Lolos ke Semifinal

waktu baca 2 menit
Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong (*)

JAKARTA-KEMPALAN: Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong merasa tak perlu berterima kasih kepada Vietnam yang dianggap membantu Indonesia lolos ke babak semifinal AFF U-23 2023.

Timnas U-23 Indonesia berhasil lolos ke babak semifinal Piala AFF U-23. Kepastian lolosnya Garuda Muda ini didapatkan setelah Filipina gagal memetik kemenangan saat berhadapan dengan Vietnam di laga terakhir babak fase Grup C. 

Kekalahan Filipina tersebut memastikan Indonesia lolos ke babak semifinal sebagai runner-up terbaik. Indonesia mengungguli Filipina dan juga Kamboja yang menjadi runner-up di Grup C dan Grup A. 

Tim U-23 Indonesia menemani tiga tim lainnya yang dipastikan lolos sebagai juara di masing-masing grup, yaitu Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Di babak semifinal nanti, Indonesia akan berhadapan dengan tim tuan rumah Thailand. 

Keberhasilan Indonesia lolos ke babak semifinal tak dapat dipungkiri secara ‘tidak langsung’ dibantu oleh kemenangan Vietnam atas Filipina, sebab jika Filipina berhasil menang di laga terakhir Grup C, maka mereka lah yang lolos ke babak semifinal. 

Namun, pelatih kepala Timnas U-23, Shin Tae-yong tak sepakat dengan pemikiran itu. Menurutnya Indonesia tak perlu berterima kasih kepada Vietnam. 

Shin Tae-yong menilai bahwa Vietnam hanya bermain secara fair play, tanpa ada niatan untuk membantu Indonesia lolos ke semifinal. 

“Saya memiliki filosofi sepakbola sendiri yaitu bermain dengan fair play,” kata Shin Tae-yong saat memberikan keterangan, Rabu (23/8).

*Ketika Piala AFF U-19 di Indonesia dalam pertandingan Thailand ss Vietnam, saya percaya pertandingan itu berjalan jauh dari fair play. Jadi saya pikir yang disajikan Vietnam (vs Filipina) dalam pertandingan kemarin malam itu bagus,” ucap Shin Tae-yong.

Selain itu, pelatih asal Korea Selatan itu juga mengatakan bahwa keempat tim yang lolos memang sudah selayaknya tampil di semifinal. 

“Saya rasa empat tim (Indonesia, Thailand, Malaysia dan Vietnam) yang berada di semifinal ini berhak untuk itu, saya berharap dua laga nanti akan terjadi pertandingan yang bagus,” kata Shin Tae-yong, dikutip dari situs resmi PSSI. 

“Saya melihat beberapa pertandingan yang dilakukan Thailand, saya juga melihat pertandingan dari Malaysia. Saya pikir, Thailand memiliki skuad bagus di turnamen ini diantara semua peserta yang ada. Untuk pertandingan besok, kami akan melakukan yang terbaik, dan bermain dengan cara yang sebaik mungkin untuk laga esok,” tambahnya.

(*) Edwin Fatahuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *