UMKM Kota Surabaya Siap Mendunia Bersama Komunal Indonesia

waktu baca 2 menit
Wali Kota Eri Cahyadi meninjau stan UMKM dalam sebuah pameran di Kota Surabaya.

SURABAYA-KEMPALAN: Startup asal Kota Surabaya, Komunal Indonesia berhasil menyabet juara I dalam kompetisi Creative Young Entrepreneur tingkat nasional di Bali pada April 2023.dan juara 2 di tingkat Asia Pasifik yang diselenggarakan di Jakarta pada Mei lalu. Keberhasilan Komunal Indonesia dalam ajang Junior Chamber Entrepreneur 2023 yang diselenggarakan Junior Chamber International (JCI) ini, menjadi angin segar bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Surabaya untuk naik kelas di kancah internasional.

Co-Founder & Chief Operating Officer (COO) Komunal Indonesia Fintech Rico Tecyono mengatakan, kompetisi Junior Chamber Entrepreneur 2023 tidak hanya di tingkat nasional dan Asia Pasifik saja. Akan tetapi, ajang ini masih berlanjut pada November 2023 mendatang di Swiss, dan Komunal mewakili Surabaya, Indonesia di tingkat internasional. Dalam aja tersebut, Surabaya, Indonesia akan bersaing dengan negara di level Asia Pasifik lainnya, yakni Australia, Hongkong, Thailand, Malaysia, Jepang, dan Singapura. 

“Berbicara soal start up, biasanya orang akan mengatakan Jakarta. Akan tetapi, Komunal bisa membawa nama Kota Surabaya menjadi juara I di level nasional dan juara II di level Asia Pasifik,” kata Rico, Jumat (19/5). 

Rico menyampaikan, kompetisi Junior Chamber Entrepreneur 2023 yang diselenggarakan Junior Chamber International (JCI) ini adalah, untuk menyaring creative entrepreneur (pengusaha kreatif) yang sedang memulai usaha dan peduli terhadap inovasi serta tujuan pengembangan yang berkelanjutan. “Dalam kesempatan ini Komunal Indonesia berkesempatan mewakili dua benua, yakni Asia dan Australia untuk berpartisipasi dalam ajang JCI World Congress Sustainable Development Goals & Innovation 2023 tingkat dunia di Swiss,” sampainya. 

Rico berharap, capaian ini bisa memotivasi pengusaha muda asal Kota Surabaya untuk berani memanfaatkan peluang usaha. Menurutnya, banyak anak muda Kota Pahlawan yang memiliki potensi peluang usaha yang bisa bersaing hingga ke tingkat nasional bahkan dunia. 

“Surabaya ini banyak anak muda berprestasi ya, cuma mungkin karena terkendala bahasa atau kesempatan dan informasi. Namun itu bukan menjadi alasan. Menurut kami, anak muda zaman sekarang bisa membuat peluang usaha bahkan bisa mewakili hingga ke level dunia, itu hal yang masuk akal,” harapnya. 

Rico menambahkan, Komunal Indonesia sangat terbuka bagi startup dan UMKM yang ingin bergabung untuk naik ke level yang lebih tinggi. Dirinya mengaku, Komunal Indonesia juga siap mempromosikan produk-produk lokal Kota Pahlawan. 

“Bukan hanya teman-teman startup, tetapi juga merangkul adik-adik mahasiswa yang akan lulus, bahkan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, kita juga mau mempromosikan (produk) Surabaya. Ketika usaha anda diketahui, maka banyak investor ingin masuk ke Kota Surabaya. Secara otomatis, akan menguntungkan semua UMKM di Surabaya,” pungkasnya. (Dwi Arifin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *