Perubahan Taktik yang Menangkan Aiman Cahyadi

waktu baca 2 menit

SIEM REAP-KEMPALAN: Tiada hari tanpa mendulang medali. Begitulah ungkapan yang cocok diberikan kepada cabang olahraga balap sepeda yang setiap perlombaan selalu meraih medali pada SEA Games 2023 Kamboja.

Kali ini, giliran Aiman Cahyadi yang menyumbang perak di nomor road race mass putra yang berlangsung di Kulen Mountains, Siem Reap, Jumat (12/5/2023).

Aiman finis kedua setelah bersaing ketat melawan pebalap sepeda asal Malaysia Nur Amirull Fakhruddin Mazuki yang berada di posisi pertama sekaligus memastikan emas dengan catatan waktu 3 jam 22,50 menit. Pebalap Filipina Ronald Oranza meraih perunggu dengan catatan waktu serupa.

“Alhamdulillah, saya bisa kembali meraih medali perak untuk Indonesia. Kemenangan ini tak lepas dari kerja keras  teman-teman saya yang sudah membantu saya. Terima kasih kepada pelatih, staf semuanya yang sudah membantu saya. Dukungan keluarga, kemudian Ketua Umum PB ISSI Listyo Sigit Prabowo yang terus membina secara konsisten balap sepeda. Semoga kita bisa terus konsisten dengan pembinaan yang berkesinambungan sehingga balap sepeda bisa terus maju,” kata kata Aiman.

Selain Aiman, Indonesia menurunkan Odie Purnomo Setiawan, Muhammad Abdurrohman, Terry Yudha Kusuma, dan Bernard Benyamin Van Aert.

Pelatih Timnas Balap Sepeda Indonesia Dadang Haries Poernomo mengatakan semua pembalap Indonesia tampil kompak setelah Terry Yudha mengalami insiden ban bocor pada awal lomba.

“Ada beberapa perubahan strategi. Awalnya Terry Yudha yang kami siapkan bisa menyelesaikan finis di barisan depan, namun mengalami pecah ban. Begitu melihat peristiwa tersebut, beberapa pembalap lawan berusaha mencegah Terry untuk bisa masuk lagi dalam peleton yang akhirnya terpecah banyak,” kata Dadang.

“Kami menjalankan strategi berbeda  dan akhirnya Aiman jadi andalan untuk bisa menyelesaikan lomba di posisi depan. Sprinter Malaysia lolos ke depan dan Aiman kalah sedikit. Bersyukur kembali mendapatkan medali,” Dadang mengungkapkan.

Tambahan perak menunjukkan konsistensi balap sepeda yang setiap hari perlombaan selalu menyumbang medali untuk Kontingen Indonesia. 

Balap sepeda telah mengemas 5 emas, 2 perak, 1 perunggu.  Emas masing-masing melalui Feri Yudoyono (XCO Putra), Sayu Bella Sukma Dewi (XCO Putri), Dara Latifah (XCE Putri), lalu tim XC Relay yang berisikan Sayu, Dara, Zaenal Fanani, dan Feri.

Indonesia meraih emas dari disilipin road melalui Terry Yudha Kusuma yang turun pada nomor Criterium Putra. Lalu untuk perak lainnya diraih Zaenal Fanani (XCO Putra). Sementara satu diraih Ihza Muhammad yang turun pada nomor XCE Putra.

Potensi medali dari cabang balap sepeda masih ada dari nomor Mess Putri yang berlangsung, esok. Indonesia menurunkan empat pebalap sepeda yakni Dara Latifah, Dewika Mulya Sova, Ayustina Delia Priatna, dan Magh Firotika Marenda. (Yunita Mega Pratiwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *