Arsenal Melesat di Awal Tahun, Saka: Berkat Manchester City

waktu baca 2 menit
Selebrasi penggawa Arsenal setelah mengalahkan Brighton & Hove Albion. (Foto: The Independent)

BRIGHTON-KEMPALAN: Awal tahun 2023 yang manis untuk Arsenal. Karena, pada laga terakhir di 2022, Arsenal mampu menjauh dari kejaran Manchester City sebagai rival terdekatnya dalam perburuan gelar juara Liga Primer Inggris.

Tidak hanya karena Martin Odegaard dkk mampu menghindari jebakan Brighton & Hove Albion di Amex Stadium, Brighton, Arsenal juga diuntungkan dengan hasil yang didapatkan The Cityzens (julukan City). Di Amex Stadium, Arsenal membekuk Brighton 4-2.

BACA JUGA: Arsenal Kembali ke Puncak, Ini Kata Arteta

Odegaard yang jadi bintang di balik kemenangan tersebut dengan satu gol dan satu assist-nya. Gol dari Odegaard tercipta pada menit ke-39 sebelum akhirnya membantu Gabriel Martinelli menutup pesta gol malam itu pada menit ke-71.

Dua gol The Gunners (julukan Arsenal) lainnya masing-masing diciptakan Bukayo Saka (menit kedua) dan Edward Nketiah (menit ke-47). Sedangkan dua gol balasan Brighton tercipta lewat Kaoru Mitoma (menit ke-65) dan Evan Ferguson 12 menit setelahnya.

Spesialnya, ketika Arsenal memenangi laga akhir tahunnya, tidak demikian dengan City. Skuad besutan Pep Guardiola tersebut malah terpeleset di kandangnya sendiri, Etihad Stadium. City tertahan 1-1 lawan Everton.

BACA JUGA: Kalah dari Arsenal, Klopp Kibarkan Bendera Putih

Padahal, pada menit ke-24 Kevin De Bruyne dkk sempat unggul melalui gol Erling Braut Haaland. Tetapi, pada menit ke-64, Demarai Gray yang menyamakan kedudukan setelah memanfaatkan umpan manis dari Idrissa Gueye.

Dengan tertahannya juara bertahan tersebut, maka Arsenal sekarang langsung melesat tujuh angka di depan City. Dengan sama-sama memainkan 16 laga, Arsenal mengoleksi 43 gol dan City mengumpulkan 36 gol.

Berbicara dalam laman resmi klub, Saka mengakui bahwa hasil akhir yang didapatkan City beberapa jam sebelum kickoff di Amex Stadium malam itu berpengaruh dengan performa dia dan rekan-rekannya. Itu menambah kepercayaan diri Arsenal mengalahkan The Seagulls (julukan Brighton). ’’Kami hanya mencoba dan fokus dengan diri kami sendiri. Namun ketika kami mendengar hasil itu (City tertahan di Etihad) maka kami seperti mendapatkan motivasi tambahan dan makin menekan dan sukses  mendapatkan seperti hari ini,’’ tutur Saka, dikutip dari laman Goal. (Yunita Mega Pratiwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *