Pengaduan di Pendopo Salah Satu dari 13 Cara Masyarakat Mengadu di Era Anies

waktu baca 2 menit
Seorang warga sedang di meja pengaduan Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 19 Oktober 2022.

JAKARTA–KEMPALAN: Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono kembali membuka meja pengaduan masyarakat di Pendopo Balai Kota setiap hari Senin sampai Kamis dengan waktu satu jam, dibuka sejak pukul 08.00 sampai 09.30 WIB. Setelah lewat jam aduan, para petugas akan kembali berdinas di tempat masing-masing.

Salah satu akun bernama @elisa_jkt menegaskan bahwa meja pengaduan lewat pendopo Balai Kota tidak pernah hilang di era sebelumnya, Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“For Your Information (FYI) sebetulnya pengaduan lewat pendopo balai kota TIDAK pernah hilang di era sebelum Pak Heru. Bedanya, ‘pendopo Balai Kota’ cuma jadi salah satu dari 13 kanal dan tersedia 1 desk di bagian kanan,” tulis @elisa_jkt seperti dikutip di Jakarta, Rabu, 19 Oktober 2022.

Elisa_jkt pun menunjukkan layanan pengaduan di Balai Kota tetap ada di era Anies Baswedan, hanya saja saat Anies menjabat tidak menggunakan meja-meja pengaduan seperti pengaduan yang diaktifkan Pj Heru Budi Hartono.

Anies waktu itu memperluas layanan pengaduan hingga ke kantor kelurahan dan kecamatan hingga membuat aplikasi yang memudahkan orang.

Elisa_jkt mengatakan pernah mendampingi warga Kampung yang melakukan keluhan dan surat kepada Gubernur DKI saat itu.

“Tahu dari mana saya kalau yang desk Pendopo Balai Kota ada? Ya pernah dampingi warga kampung masukkan keluhan dan surat kepada Gubernur. Contohnya ini Desember 2017, saat warga kampung menyampaikan keluhan soal zonasi RDTR. Kok ada dokumen? Ya bawa lampiran peta RDTR nya juga,” ujarnya.

Menurut Elisa ada pengaduan yang efektif disampaikan ke Pendopo Balai Kota. Namun tetap ada yang cukup mention akun DKI atau lewat aplikasi Jakarta Terkini (JAKI).

“Kampung-kampung yang didampingi kami juga milih ‘ngadu kemana’ berdasarkan jenis dan urgensi. Jika mereka akhirnya milih ngadu via pendopo itu tujuannya ‘nunggu gubernurnya datang’ (emoticon ketawa),” tutupnya.

Diberitahukan, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang sudah dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) Tito Karnavian.

Pelantikannya pun dihadiri oleh Gubernur Periode 2017-2022 Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI 2019-2022 Ahmad Riza Patria. Selama 2,5 tahun Riza dan Anies memimpin untuk Jakarta.

Anies pernah mengundang Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono ke Balai Kota untuk makan siang dan berbincang santai.

Anies mengatakan pertemuan ini untuk membuat pemerintahan menjadi berkesinambungan. Dengan begitu, rakyat tetap mendapatkan pelayanan yang baik dari pemerintah daerah.

Anies berpesan kepada Pj Gubernur Heru Budi untuk tidak melihat siapa yang membuat program tapi program itu untuk siapa.(kba)

Editor: Freddy Mutiara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *