Segera Purnatugas, Anies Titipkan Gedung Sekolah Berkonsep Net Zero Carbon

waktu baca 3 menit
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana dan siswa sekolah melihat sumber energi terbarukan di sekolah.

JAKARTA–KEMPALAN: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menitipkan gedung sekolah dengan konsep green building dan Net Zero Carbon untuk terus dilanjutkan mengingat dirinya akan segera purnatugas pada Oktober mendatang.

Hal itu disampaikan Anies saat meresmikan empat gedung sekolah negeri berkonsep Net Zero Carbon atau emisi rendah di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 08 Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Rabu, 28 September 2022.

“Jadi kepada seluruh jajaran Dinas Pendidikan bantu jagain supaya proyek ini berjalan terus ke depan. Supaya sekolah-sekolah kita nantinya menjadi sekolah-sekolah yang menggunakan prinsip suistainable development,” kata Anies.

Bagi Anies, gedung sekolah dengan konsep ramah lingkungan ini menjadi hal yang penting untuk dilanjutkan sebab bangunan sekolah merupakan bangunan yang paling banyak dimiliki oleh pemerintah. Sedangkan, berbicara tentang emisi karbon global, bangunan menyumbang sebesar 39% emisi karbon global dan mengkonsumsi 36% dari total energi global.

Karena itu, dibuat gedung-gedung yang ramah lingkungan. Program ini juga sejalan dengan komitmen Jakarta dalam menurunkan 30% green house gas emission di tahun 2030.

Selain itu, Anies berharap bangunan sekolah berkonsep green building ini akan menjadi media edukasi langsung untuk anak-anak, di mana mereka akan memiliki gambaran terkait bagaimana bangunan yang ramah lingkungan, sehingga ini akan sesuai dengan semangat Jakarta untuk menjadi kota global yang masyarakatnya peduli dengan berbagai isu global.

“Kita ingin gedung-gedung sekolah menjadi inspirasi dan merangsang untuk berfikir, serta berimajinasi. Dia akan belajar dari bangunan ini, seperti electrical engineering, lalu solar panel, di situ ada fisika murni, ada fisika terapan. Jadi, materi yang ada di bangunan ini mendadak menjadi alat ajar untuk para guru,” terangnya.

Lebih lanjut, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga berpesan kepada kepala sekolah hingga murid untuk sama sama menjaga dan merawat gedung sekolah agar dua, tiga tahun lagi masih nampak seperti baru.

“Jadi para kepala sekolah supaya dijaga dipastikan kalau nanti datang tahun depan, dua tahun lagi tiga tahun lagi, rasanya masih seperti baru terus itu yang harus kita pastikan terjadi,” ujarnya.

“Kemudian kepada para guru kepada para siswa manfaatkan sebagai media pembelajaran jangan hanya kita melihat itu sebagai material yang dipasang, tapi manfaatkan untuk pembelajaran karena intinya apa saja bisa menjadi bahan pembelajaran. ini kesempatan yang luar biasa,” lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara simbolis meresmikan empat gedung sekolah negeri ramah lingkungan, yakni berkonsep Net Zero Carbon atau emisi rendah di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 08 Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Rabu, 28 September 2022.

Keempat sekolah yang di revitalisasi total yakni SDN Ragunan 08, SDN Grogol Selatan 09, SDN Duren Sawit 14, dan SMAN 96 Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Anies mengatakan keempat sekolah ini merupakan yang pertama di Jakarta dalam menerapkan konsep Net Zero Carbon.

“Pagi hari ini Kita turut menjadi saksi peristiwa bersejarah, di Jakarta resmi menjadi tempat pertama sekolah negeri memiliki Net Zero Carbon, sekolah dengan konsep green building,” kata Anies, Rabu, 28 September 2022.

Anies menuturkan, bangunan sekolah di Jakarta berkonsep lama sedangkan anak-anak muridnya sudah berada di abad 21. Karena itulah perlu ada perubahan dalam bangunan sekolah.

“Yang kita hadapi di dunia pendidikan anak anaknya abad 21, gurunya abad 20 bangunannya abad 19. Itulah yang terjadi di sekolah-sekolah. Jadi Kita bergerak mengikuti perubahan zaman,” ujarnya.

Anies berharap dengan adanya bangunan berkonsep Net Zero Carbon ini, ke depan akan ada lebih banyak sekolah dengan konsep rendah emisi.

“Kita berharap semua sekolah di Jakarta hari ini mulai dengan empat sekolah nantinya semua sekolah di Jakarta adalah sekolah berkonsep green building dengan rancangan abad 21, itu harapan kita,” tutur Anies.(kba)

Editor: Freddy Mutiara

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *