Menu

Mode Gelap

kempalanalisis · 12 Mei 2022 06:01 WIB ·

Dilema Ganjar, dan Jalan Lempang Anies


					Saat Anies Baswedan bertemu Ganjar Pranowo pada acara Rakernas Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), di Badung, Bali, Senin (9/5/2022) Perbesar

Saat Anies Baswedan bertemu Ganjar Pranowo pada acara Rakernas Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), di Badung, Bali, Senin (9/5/2022)

KEMPALAN: Pemilihan Presiden (Pilpres) sekitar dua tahun lagi. Bermunculan nama-nama yang akan berkontestasi di Pilpres 2024. Ada Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo. Melihat elektabilitas ketiganya, mereka lebih diposisikan dan punya peluang sebagai Calon Presiden (Capres).

Sedang nama-nama lain yang muncul, lebih diposisikan sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres). Ada Erick Thohir, Ridwan Kamil, Sandiaga Salahuddin Uno, Puan Maharani, Khofifah Indar Parawansa, Agus Harimurti Yudhoyono, Andika Perkasa, dan lainnya. Mulai dibuat simulasi, siapa berpasangan dengan siapa. Meski belum tahu pasti partai mana yang akan mengusung siapa diantara nama-nama yang beredar.

Suasana kampanye sudah mulai dimunculkan lewat baliho beterbaran dalam menyambut Idul Fitri. Lalu acara silaturahmi pada tokoh yang berpengaruh di daerah mulai dilakukan. Tampak Prabowo memulai silaturahmi ke kediaman Megawati Soekarnoputri, yang ditemani putrinya Puan Maharani. Digadang-gadang jauh hari, bahwa Prabowo kemungkinan akan berduet dengan Puan. Setelah itu safari berlanjut ke Jawa Timur, menemui Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur. Tampak juga ia mengunjungi ulama karismatis, KH Cholil As’ad Sjamsul Arifin.

Meski Prabowo menyatakan bahwa kunjungannya itu semata hanya silaturahmi biasa, karena sudah lama tidak bertemu sahabat, itu sah-sah saja. Memilih momen lebaran, supaya alasan bisa dibuat lebih longgar. Semua tentu melihatnya tidak sepolos kertas putih. Pastilah itu kunjungan punya makna, yang tidak terlepas dari ancang-ancang persiapan menuju 2024.

Sedang Ganjar Pranowo memilih Halal Bihalal virtual. Ia tampil bersama istri dan anak lelaki semata wayangnya. Ganjar menjangkau masyarakat tidak saja seantero negeri, tapi warga Indonesia lain yang bermukim di luar negeri. Lebaran jadi momen mempolitisasi suasana, yang pastinya makin buat geram partai di mana ia dibesarkan, PDI Perjuangan. Langkah Ganjar ini sepertinya sulit dihentikan partainya, yang lebih memilih mengajukan Puan Maharani.

Sedang Anies Baswedan tidak tampak melakukan manuver memanfaatkan momen lebaran untuk tebar pesona. Pada tanggal 8 Mei, Anies melakukan kunjungan kerja ke Tulang Bawang, Lampung. Ia mendapat gelar kehormatan, Tuan Penata Negara. Selanjutnya, Anies hanya melakukan Halal Bihalal dengan pejabat Pemprov DKI. Hal yang sudah dua tahun tidak dilakukan, karena pandemi Covid-19. Anies ke Bali, di sana bertemu Ganjar yang sama-sama hadir dalam acara Rakernas Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), di Badung, Bali, Senin (9/5).

Langkah-langkah politis di momen lebaran buat mereka yang digadang-gadang akan maju dalam Pilpres juga dilakukan oleh yang lainnya, tentu memilih caranya masing-masing. Hanya saja getarannya tidak sedahsyat Prabowo, Ganjar dan Anies. Tapi baliho Erick Thohir tampak mendominasi, memenangi jumlah baliho yang disebar. Hampir memenuhi pelosok negeri, khususnya di Jawa Timur. Entah berapa banyak uang digelontorkannya.

Nasib Anies dan Ganjar

Prabowo Subianto sepertinya Capres yang paling siap akan maju. Mengadu peruntungan menjadi Presiden untuk kesekian kalinya. Sudah dua kali gagal menjadi Presiden, tapi tidak jera. Pertama maju bersama Hatta Rajasa, (2014). Lalu bersama Sandiaga Salahuddin Uno, (2019). Dan, sebelumnya sekali gagal jadi Wakil Presiden, ia berpasangan dengan Megawati sebagai Capresnya, (2009).

Artikel ini telah dibaca 75 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Surabaya Milik Kita, Ayo Kita Bantu Walikota

18 Mei 2022 - 21:54 WIB

Peci Terdakwa Disoal Jaksa Agung, sebagai Trik Kuno

18 Mei 2022 - 12:05 WIB

Arus Dukungan untuk Anies Cermin Kebangkitan Indonesia

18 Mei 2022 - 11:54 WIB

Anies Semakin Melejit

17 Mei 2022 - 08:41 WIB

Anies dan Titik Nol Indonesia

16 Mei 2022 - 14:11 WIB

Anies Hanya Kalah Kalau Gak Nyapres?

16 Mei 2022 - 12:35 WIB

Trending di kempalanalisis