Menu

Mode Gelap

kempalanggun · 30 Apr 2022 09:48 WIB ·

Hits Smash Mouth yang Tak Lekang oleh Zaman


					Smash Mouth - All Star. Perbesar

Smash Mouth - All Star.

KEMPALAN: Tahun 1999 adalah penghujung abad ke-20 yang melahirkan salah satu musik yang masih dimainkan sampai sekarang. Musik itu adalah All Star karya Smash Mouth, grup band dengan genre ska-punk.

Lagu legendaris ini pernah dinominasikan Grammy Awards, juga menjadi soundtrack dari dua film ternama, yakni Mystery Men (1999) dan Shrek (2001). Mungkin yang menonton Shrek akan ingat bahwa lagu ini adalah lagu pertama yang diputar ketika sang ogre pertama muncul. Gabungan lirik yang absurd dan tone lagu yang catchy akan membuat kita selalu mengingatnya, sementara itu, bagi kalian yang sempat menonton komedi slapstick Mystery Mem akan menemukan para pemainnya dalam video musik All Star.

Walaupun beberapa bagian liriknya cukup aneh dan mengenaskan, tapi alunan beat-nya bisa membuat para pendengarnya bahagia, bahkan mungkin menari-nari dengan memikirkan tragedi hidupnya sebagai sebuah komedi. Maka dari itu ia disebut sebagai anthem for outcasts (lagu bagi para orang buangan). All that glitters is gold!

Dalam sebuah wawancara dengan majalah Rolling Stones, Greg Camp yang menjadi mastermind di balik lagu itu menjelaskan bahwa All Star terbentuk di sepanjang perjalanan ketika mereka berkeliling. Ia menceritakan, gagasan akan lagu itu kebanyakan muncul dari surat para fans-nya yang berterima kasih sudah bisa mewakili nasib mereka sebagai outcasts dalam musik-musik mereka sebelumnya.

“Banyak dari mereka yang merupakan orang buangan. Mereka itu semacam kutu buku dan dirundung,” ujar Greg ketika menyimpulkan isi dari surat para penggemarnya.

Salah satu alasan Greg menggunakan judul All Star untuk lagu itu karena dia selalu memakai sepatu Converse All Star. Adapun judul itu nampaknya klik dengan musik di dalamnya yang mana menurutnya berarti ada banyak pemain hebat berkumpul dalam satu tim.

“(All Star) adalah tanggapan atas semua surat yang dia terima dari anak-anak, dan itu hampir seperti obrolan ringan,” tambah Paul De Leslie.

All Star mencapai nomor 4 dalam Billboard Hot 100. Lagu inipun masih hits sampai sekarang. Pada sebuah artikel Wbur tahun 2018, Camp mengatakan dia berada di taman tempo hari sebelum artikel itu rilis, ia sedang bermain ayunan dengan putrinya, ketika anak laki-laki kecil di sebelah mereka mulai menyanyikan lagu itu.

“Bahkan, sampai hari ini, jika seseorang ingin bekerja dengan saya atau seseorang ingin membuat lagu atau semacamnya, mereka seperti, ‘Ayo buat All Star lagi!’ Aku seperti, ‘Aku akan melakukannya dengan benar, Sobat!'” ujar Greg.

Lagu All Star dapat dinikmati di kanal YouTube Smash Mouth, video itu sudah 394 juta kali ditonton semenjak diunggah pada Desember 2009 silam. (Rolling Stones/Wbur, Reza Hikam)

Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Pesan Waisak: Dalam Cinta Kasih Semua Bersaudara

17 Mei 2022 - 08:05 WIB

Temu Kader Banteng, Ketua PDIP Surabaya: Kuatkan Soliditas, Terus Bergerak Melayani Rakyat!

17 Mei 2022 - 06:31 WIB

Ketua DPD Walubi: Tingginya Toleransi di Jakarta, Ikhtiar Nyata Gubernur Anies

16 Mei 2022 - 19:53 WIB

Gubernur Jateng Melepas Parade Waisak yang Tahun Ini Bisa Digelar Meriah

16 Mei 2022 - 14:35 WIB

Hari Raya Waisak, PDIP Surabaya: Perkuat Tekad Tebar Kebaikan di Kota Pahlawan

16 Mei 2022 - 12:21 WIB

Wali Kota Eri Cahyadi Diangkat sebagai Warga Kehormatan Maluku

16 Mei 2022 - 07:18 WIB

Trending di kempalanggun