Menu

Mode Gelap

kempalanews · 9 Apr 2022 14:34 WIB ·

Masalah Pemberian THR 2022, Menaker Minta Dibayarkan Kontan pada Pekerja


					Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. (Kemnaker) Perbesar

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. (Kemnaker)

JAKARTA-KEMPALAN: Salah satu permasalahan yang masih ada di dunia bisnis dan pekerjaan di Indonesia adalah pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) yang dibayarkan pada waktu menuju Hari Raya Idulfitri.

Ida Fauziyah selaku Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) meminta para pemberi kerja untuk membayarkah THR 2022 secara kontan kepada buruh/pekerjanya. Hal ini ia tegaskan melalui Surat Edaran Nomor M/1/HK.04/IV/2022 tanggal 6 April 2022 tentang Pelaksanaan Pemberian THR Keagamaan Tahun 2022 bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

“THR itu hak pekerja dan kewajiban pengusaha. Di tahun ini, karena situasi ekonomi sudah lebih baik, kami kembalikan besaran THR kepada aturan semula, yaitu satu bulan gaji bagi yang sudah bekerja minimal 12 bulan. Bagi yang kurang dari 12 bulan, ya dihitung secara proporsional. Tanpa dicicil, alias kontan,” ujar Menaker pada Sabtu (09/04/2022).

Ida menegaskan THR bukan hanya hak para pekerja berstatus tetap namun juga bagi pekerja lainnya, seperti pekerja kontrak, outsourcing, tenaga honorer, buruh harian lepas, supir, bahkan asisten rumah tangga juga berhak mendapatkan THR. Ia meminta untuk tidak menyempitkan cakupan penerimanya.

Ia juga menyampaikan, Posko THR yang disiapkan untuk menangani pengaduan dan konsultasi, baik dari pihak pekerja maupun pengusaha dan meminta semua pihak untuk memanfaatkan posko ini, bahkan kalau sekedar ingin tanya-tanya perkara THR pun akan dilayani.

Dalam kesempatan ini secara khusus Menaker meminta kepada perusahaan yang tumbuh positif dan profitnya bagus agar memberikan THR lebih dari satu bulan gaji kepada pekerjanya.

“Bagi perusahaan yang mampu, tolong, berbagilah lebih banyak. Berikan lebih dari gaji sebulan. Jika pun bukan dalam bentuk uang, minimal dalam bentuk sembako. Agar keluarga pekerja nanti bisa buka puasa dan berlebaran dengan hidangan yang lebih baik,” tuturnya.

Ia juga mendorong para pemberi kerja untuk bergotong royong meningkatkan daya beli para pekerja dan buruh. (Setkab, Reza Hikam)

Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Pemprov Jatim Raih Penghargaan Provinsi Berkinerja Terbaik Penerapan SPM dari Kemendagri

18 Mei 2022 - 22:40 WIB

Halal Bihalal Warga Kampung, Ketua DPRD Surabaya Angkat Keguyuban dan Gotong Royong

18 Mei 2022 - 22:04 WIB

Anies Jalin Kesepakatan Pembangunan Perkotaan Berkelanjutan dengan Berlin

18 Mei 2022 - 19:06 WIB

PPDB SMPN Surabaya Dimulai, Simak Tahapan dan Cara Pendaftarannya!

18 Mei 2022 - 18:53 WIB

Macron Desak Israel untuk Investigasi terkait Pembunuhan Shireen Abu Akleh

18 Mei 2022 - 12:28 WIB

Shireen Abu Akleh-Tempo

Peci Terdakwa Disoal Jaksa Agung, sebagai Trik Kuno

18 Mei 2022 - 12:05 WIB

Trending di kempalanalisis