Menu

Mode Gelap

kempalansport · 21 Nov 2021 14:36 WIB ·

Verawaty Fajrin Berpulang Setelah 20 Bulan Bertarung


					Verawaty Fajrin. (Foto: Twitter) Perbesar

Verawaty Fajrin. (Foto: Twitter)

JAKARTA-KEMPALAN: Dunia bulutangkis Indonesia berduka di tengah hingar bingar ajang Indonesia Masters 2021 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali. Indonesia kehilangan salah seorang sosok terbaik dalam sejarah bulutangkis nasional.Tepat Minggu pagi (21/11), sekitar pukul 06.58 WIB, sang Ratu Bulutangkis Verawaty Fajrin telah menghembuskan nafas terakhir di RS Dharmais, Jakarta. Mendiang menutup mata untuk selama-lamanya setelah berjuang melawan kanker yang menyerang paru-parunya.

Verawaty menyerah setelah hampir 20 bulan bertarung menghadapi kanker paru-paru yang telah menguji kekuatan tubuhnya selama ini. Benar, 20 bulan, tepatnya sejak Maret 2020 vonis dokter jatuh kepadanya bahwa dia menderita kanker paru-paru.

Sakit itu yang sempat mengujinya juga ketika dia harus menunggu di ruang transit RS Dharmais pada 19 September lalu karena High Care Unit (HCU) di RS tersebut penuh. Sakit yang mampu “memanggil” orang-orang petinggi negeri ini untuk memberikan perhatian kepada para mantan atlet seperti dirinya.

Bahkan, Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo pun ikut campur dalam membantu mendiang mendapat kamar dan perawatan dari RS tersebut. Sebelum dirujuk ke RS Dharmais itu dia juga sempat menjalani kemoterapi di RS Persahabatan, Jakarta.

Di RS Dharmais, sosok yang pernah mempersembahkan gelar juara dunia bulutangkis pada 1980 itu sempat membaik kondisinya setelah dokter RS Dharmais melakukan tindakan cryosurgery ke Verawaty.

Rosiana sendiri saat itu yang mengabarkan kepada publik perkembangan kesehatan sahabatnya tersebut. ’’Hasilnya bagus, dan itu bahkan di luar prediksi yang sebelumnya diperkirakan dokter,’’ ungkap Rosiana.

Kini, sosok pelatih yang dikenal tegas, garang, dan disiplin itu sudah tidak merasakan rasa sakit lagi. ’’Yang Maha Kuasa ternyata lebih menyayanginya (Verawaty). Kini, dia sudah pergi untuk selamanya,’’ kata mantan pebulutangkis nasional Rosiana Tendean yang merupakan sahabat dari sang mendiang.

’’Sebagai sahabat saya sangat bersedih dengan kepergian bu Vera (sapaan akrab Verawaty). Tapi kami sudah melakukan upaya pengobatan yang maksimal untuk menyembuhkan dari sakitnya,’’ tutur Rosiana. Mendiang Verawaty dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Selamat jalan, Legenda. (Yunita Mega Pratiwi)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Wakil Ketua KONI Kab Bandung Ajak Warga Pasang Bendera di Halaman Rumah dan Medsos

9 Desember 2021 - 12:36 WIB

Deltras atau Mitra yang Susul 7 Tim di Babak 8 Besar Liga 3

9 Desember 2021 - 12:00 WIB

Top Markotop! Persebaya Obok-obok Gawang Persib Bandung 3-0

9 Desember 2021 - 10:18 WIB

Munchen, Ajax, dan Liverpool Sempurna di Fase Grup Liga Champions

9 Desember 2021 - 08:31 WIB

Daftar Klub-klub yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions

9 Desember 2021 - 07:39 WIB

Chelsea Gagal Jadi Juara Grup, Tuchel Beri Peringatan ke Pemainnya

9 Desember 2021 - 06:19 WIB

Trending di kempalansport