Menu

Mode Gelap

kempalansport · 16 Nov 2021 05:20 WIB ·

Awas Red Bull, Mobil Hamilton Sekarang jadi Makin Kencang


					Mobil Mercedes W12 yang dikendarai Lewis Hamilton ketika melaju di Sirkuit Interlagos, Sao Paulo, akhir pekan kemarin (15/11). (Foto: Crash) Perbesar

Mobil Mercedes W12 yang dikendarai Lewis Hamilton ketika melaju di Sirkuit Interlagos, Sao Paulo, akhir pekan kemarin (15/11). (Foto: Crash)

SILVERSTONE-KEMPALAN: Pembalap Mercedes AMG Petronas Lewis Hamilton saat akhir pekan kemarin. Tidak hanya tentang keberhasilan Hamilton mengakuisisi podium pertama lagi di Interlagos Circuit, Sao Paulo, setelah terakhir merayakannya di Sochi, 26 September lalu.

Melainkan tentang dahsyatnya efek dari pergantian mesin yang dilakukan Mercedes di beberapa seri terakhir. Saat menuntaskan balapan seri Grand Prix Sao Paulo, Hamilton mencatatkan waktu tercepat 1 jam 32 menit 22,851 detik.

Dia meninggalkan rival terdekatnya pembalap Red Bull Racing Honda Max Verstappen dengan selisih 10,496 detik! Kemenangan yang membayar lunas gambling Mercedes setelah mendapat sanksi penalti lima grid sebelum balapan gara-gara melakukan pergantian komponen mesin lagi.

Angka-angka dari sprint race sudah sangat mencolok. Hamilton mampu mencatatkan top speed tak kurang dari 339 kilometer per jam. Sementara, rekan setimnya Valtteri Bottas hanya mampu mencatat 303,2 kilometer per jam.

Sedangkan Verstappen mencatatkan kecepatan 317,3 kilometer per jam. Cukup besar bukan gap antara kecepatan mobil W12 yang dikendarai Hamilton dengan Mad Max (julukan Verstappen) atau milik Bottas.

Laporan Motosport menyebut Chief Engineer Mercedes Hywel Thomas telah menyiapkan mesin untuk Hamilton yang hanya memiliki umur 2.500 kilometer. Biasanya, mesin standart pembalap berumur 7.000 kilometer. Alhasil mesin baru Hamilton tersebut hanya dapat bertahan dalam empat balapan terakhir musim ini.

Mercedes diketahui meningkatkan turbo mesin dan tekanan di ruang bakar setelah tak mendapat lampu hijau mengubah karakteristik suku cadang mesin yang disepakati. Kombinasi ini dianggap setara dengan lebih dari 15 tenaga kuda (Horse power/Hp, satuan kecepatan mobil) saat dipakai menyalip.

Seperti yang dilakukan Hamilton ketika melakukan manuver menyalip Verstappen di Tikungan 4 pada lap ke-59. Hamilton yang start dari grid kesepuluh mampu menentukan posisi akhirnya jadi juara dalam balapan tersebut.

Momen ketika Mercedes W12 Lewis Hamilton (kiri) sukses menyalip RB16B yang dikemudikan Max Verstappen dalam Tikungan 4 Lap ke-59. (Foto: Crash)

Kabarnya, pihak Red Bull sudah kebakaran jenggot setelah melihat perubahan signifikan W12 di Brasil berkat perubahan komponen mesin. Mereka pun berencana melakukan pergantian serupa saat balapan seri ke-20 musim ini di Grand Prix Qatar, akhir pekan nanti (21/11).

Hal tersebut dilakukan supaya kecepatan mobil RB16B yang dikendarai Verstappen tidak sampai kempes dalam tiga seri balapan terakhir musim ini, yaitu di Qatar, Arab Saudi (5/12), dan di Abu Dhabi (12/12).

Direktur Engineering Mercedes Andrew Shovlin memuji gambling yang dilakukan jajarannya di saat mengganti komponen Internal Combustion Engine (ICE) kelima sebelum race di Interlagos. ’’Tak ada alasan teknis untuk mengubahnya. Sebab kami tak berpikir kami beresiko gagal,’’ kata Shovlin.

’’Meskipun, Anda tahu, power unit ini bekerja sangat keras dan Anda tidak akan pernah bisa dan tidak pernah menerima keandalan begitu saja,’’ tambah Shovlin. Lalu, secepat apa W12 pada GP Qatar nanti? Layak ditunggu. (GPblog, Independent, Yunita Mega Pratiwi)

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Persibo Bojonegoro Didiskualifikasi dari Liga 3 PSSI Jatim, Ada Apa…?

4 Desember 2021 - 17:47 WIB

Hadiri Kejurnas Selam Piala Gubernur Jatim 2021, Khofifah Minta Para Atlet Junjung Sportivitas

4 Desember 2021 - 16:20 WIB

Liga Inggris: Prediksi Wolves vs Liverpool

4 Desember 2021 - 12:57 WIB

Hasil BWF World Tour Finals 2021: Perjuangan Berat Wakil Indonesia di Semifinal

4 Desember 2021 - 09:35 WIB

Liga Inggris: Prediksi West Ham vs Chelsea

4 Desember 2021 - 09:11 WIB

Moyes Kritik Man United karena Jarang Mainkan Lingard

4 Desember 2021 - 06:29 WIB

Trending di kempalansport