Menu

Mode Gelap

kempalanmanca · 30 Okt 2021 20:59 WIB ·

PBB Perpanjang Misi Perdamaian di Sahara Barat, Cegah Konflik yang ada


					MINURSO; Operasi Perdamaian DK PBB-UN Perbesar

MINURSO; Operasi Perdamaian DK PBB-UN

PBB-KEMPALAN: Dewan Keamanan PBB telah memperpanjang misi perdamaiannya di Sahara Barat untuk beberapa tahun kedepan menanggapi adanya kekhawatiran adanya bentrok antara Moroko dan Front Polisario yang mencoba untuk memerdekakan dirinya.

Dewan Keamanan PBB melakukan voting pada Jumat (29/10) untuk mengambil keputusan pemanjangan misi perdamaian tersebut. Hasilnya adalah 13-0 namun Rusia dan Tunisia absen dalam pemilihan tersebut.

Resolusi tersebut diinisiasi oleh AS yang sebelumnya pada era Trump, AS bertindak agresif karena tidak mengakui Moroko demi memiliki hubungan yang baik dengan Israel.

Hanya seminggu setelah terpilihnya Utusan PBB ke Sahara Barat, Diplomat senior Staffan de Mistura membuat resolusi tersebut yang isinya merupakan sebuah seruan untuk kembali melangsungkan negosiasi demi adanya solusi yang baik dan tahan lama.

Dalam resolusi tersebut yang memiliki tujuan untuk memberikan hak menentukan dirinya sendiri kepada masyarakat Sahara Barat, resolusi tersebut kemudian di revisi oleh pihak AS sebelum Rusia ingin menggunakan hak Veto-nya.

Utusan Prancis ke PBB, Nicolas de Riviere mengatakan bahwa misi perdamaian di Sahara Barat yang dikenal dengan United Mission for the Referendum in Western Sahara (MINURSO) dikatakan sangat penting untuk dapat memberikan keamanan ditengah ketidakpastian.

“Semenjak terjadinya bentrokan pada tahun 1991, operasi perdamaian ini memainkan peranan yang sangat penting untuk meminimalisir risiko serta eskalasi konflik serta sebagai pembawa stabilitas di kawasan” ucap Riviere.

Kenya yang pada saat ini menjadi presiden dari DK PBB mengatakan bahwa negaranya memiliki harapan bahwa misi PBB tersebut bisa untuk mengorganisasi referendum karena hak kemerdekaan menjadi penting bagi semua bangsa.

(Aljazeera, Muhamad Nurilham)

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Ukraina Sebut ada Upaya Kudeta, Rusia Terlibat Dibaliknya

28 November 2021 - 13:24 WIB

Presiden Zelensky-BBC

Varian Omicron Sudah Masuk ke Beberapa Negara Eropa

28 November 2021 - 13:02 WIB

Ilustrasi COVID-19 di Britania Raya-AAtR

WHO Sebut Varian Baru COVID yaitu Omicron Sebagai Kekhawatiran Baru

28 November 2021 - 12:41 WIB

Varian baru COVID-19 yaitu Omicron-DW

Terlalu Nyaman Lockdown, Taiwan Ragu untuk Buka Diri ke Dunia Internasional

28 November 2021 - 12:19 WIB

Ilustrasi COVID-19 di Taiwan-TEMPO

Laos Berharap Ekonomi Bertumbuh dari Rel Kereta buatan Tiongkok

28 November 2021 - 11:54 WIB

Kereta Tiongkok-Laos-InfrastructureReview

Nicolas Maduro Kunjungi Kuba untuk Rayakan Kematian Fidel Castro

26 November 2021 - 17:13 WIB

Nicolas Maduro-CNN
Trending di kempalanmanca